glodok, tak hanya soal film bajakan, tapi juga punya petak sembilan

petak93

glodok, konon berasal dari kata grojok. istilah untuk menyebut bebunyian yang berhubungan dengan air. namun karena para koko dan cici kesulitan melafalkannya, maka mereka menyebut daerah itu menjadi glodok.

sekarang glodok identik dengan pasar elektronik yang murah. selebihnya adalah pusat vcd atau dvd bajakan, termasuk film-film porno yang dijajakan secara terbuka dan merdeka.

petak92

padahal glodok sebenarnya adalah situs sejarah yang kaya. seperti di kota-kota lain, glodok adalah sebuah china town, pecinan. di seberang jalan glodok, tepatnya di jalan kemenangan, jl kemuliaan dan sekitarnya terdapat sebuah kampung yang disebut petak sembilan.

mengunjungi kampung ini kita seperti terlempar ke tahun 1940. di kampung yang hanya berjarak beberapa langkah dari keriuhan dan kebisingan khas kota metropolitan, pertumbuhan kampung ini seperti berhenti.

pasar-petak9

di sini, orang-orang tionghoa menjalan kehidupan sehari-hari dengan sangat sederhana. biasanya orang tionghoa identik dengan kesuksesan bisnisnya namun di petak sembilan ini pandangan seperti itu (kayaknya) tak berlaku di sini.

hal ini nampak pada sebuah pasar yang berada di sebuah jalan sempit. para pedagang menggelar jualannya di kios-kios yang sekaligus dijadikan rumah. mereka yang tidak punya kios atau rumah, menjual dagangannya di meja-meja di pinggir kanan kiri jalan. suasana sangat berdesak-desakan.

petak910

petak sembilan begitu populer saat imlek. di tempat ini terdapat setidaknya 3 wihara besar yang salah satunya beberapa bulan lalu terbakar.  persembahyangan dilakukan tiap hari sabtu, uniknya di setiap vihara berjejer para pengemis yang berwajah bukan tionghoa.

tempat ibadah lain yang juga bersejarah adalah sebuah gereja yang mempunyai arsitektur dan interior yang khas tionghoa, namanya gereja katolik st maria de fatima. di gereja yang menyediakan bangku-bangku panjang untuk jemaatnya ini sangat unik, berbentuk rumah khas tionghoa lengkap dengan interior berbentuk “s”.

petak915

selain vihara dan gereja, petak sembilan juga mempunyai warung kopi yang melegenda, es kopi tak kie. konon warung kopi ini mulai jualan sejak tahun 1927. foundernya, pak ayauw sampai sabtu 1 agustus 2015 masih melayani para pelanggannya.

dengan rambut memutih dan tubuh agak bungkuk, dia membawa dua cangkir kopi panas tanpa memakai nampan. ada banyak menu di sini:  mie ayam, nasi tim, nasi campur, tentu saja campur babi.  ada juga pio tim, pio obat (pio adalah kura-kura).

petak97

uniknya kita dibolehkan membeli makanan lain yang ada di luar warung semisal babi kecap, siomay atau roti bulan, kodok kecap, bakut dan nama-nama lain yang tak dikenali oleh orang awam.

nyaris semua penghuni di sini berbincang-bincang dengan bahasa tionghoa, lagu-lagu yang terdengar di mal chandra pun berbahasa tionghoa. di mal tua ini, ada tempat untuk karaoke yang tentu saja semua lagu-lagunya berhasa mandarin atau tionghoa entah versi yang mana. koran-koran, buku, tabloid berhuruf tionghoa juga masih beredar di sini.

namun semua penghuni tampaknya sangat fasih menggunakan bahasa indonesia.

petak913

petak sembilan, yang hanya 15 menit perjalanan dari blok m memakai trans jakarta di hari sabtu ini, sangat asyik untuk dikunjungi lagi. datang ke tempat ini, akan mengubah pemikiran kita tentang glodok yang kita simpan selama ini, 🙂

 

 

11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*