warga #TolakReklamasiTelukBenoa jadi tempat pariwisata

03-8 Dusta Revitalisasi Teluk Benoa V

akhir-akhir ini setiap hari makin berseliweran hashtag #balitolakreklamasi di linimasa. rupanya “gerakan” ini makin banyak yang mendukung. masuk akal, karena proyek ini dinilai oleh forum rakyat bali tolak reklamasi (forbali) akan mengakibatkan kerusakan yang sangat serius.

gerakan ini muncul untuk menolak reklamasi di teluk benoa bali yang akan dijadikan tempat pariwisata oleh pt tirta wahana bali international (pt twbi)

rencananya reklamasi teluk benoa yang berada di wilayah kecamatan kuta selatan, kabupaten badung, bali.  ini akan dibangun fasilitas pariwisata diantaranya lapangan golf, perumahan, tempat pertemuan, serta berbagai jenis akomodasi, seperti apartemen, hotel, resor, vila, vila terapung dan lain-lain.

sebenarnya teluk benoa yang luasnya  1.988 hektar  ini merupakan kawasan konservasi karena kawasan ini adalah hutan mangrove terluas di bali. namun menurut  forbali status kawasan ini berubah  menjadi kawasan budi daya untuk memuluskan rencana reklamasi.
forbali khawatir, efek dari pembangunan proyek itu akan memberikan dampak yang lebih buruk di bidang lingkungan seperti hilangnya habitat terumbu karang, padang lamun dan hutan mangrove yang ekosistemnya harus dijaga.

selain itu, teluk benoa merupakan muara dari 5 daerah aliran sungai (das) di bali selatan. andai proyek ini benar-benar diwujudkan, bali selatan akan tenggelam.

di kawasan ini sekitar 400 nelayan tradisional tinggal di kawasan teluk benoa mencari ikan di teluk ini. salah satu jenis komoditas perikanan teluk benoa yaitu ikan kakap putih. reklamasi akan menimbun tempat nelayan mencari makan.

bagi warga sekitarnya, teluk benoa merupakan tempat untuk melarung sesaji (melasti atau nganyut), salah satu tahap saat upacara. reklamasi teluk benoa akan mengancam hilangnya tempat warga melarung sesaji. dan kerugian-kerugian lain.

forbali menolak rencana pembangunan ini. organisasi ini mengajak semua orang yang peduli bali untuk melawan pembangunan proyek pariwisata itu. caranya dengan mengganti avatar di twitter dengan twittbon yang ada di alamat http://twibbon.com/support/forbali-2 , ikut menandatangani petisi di http://bit.ly/tolakreklamasi, atau menyuarakan perlawanan melalui berbagai media, di blog, twitter, facebook.

atau bisa juga secara dengan membentuk komunitas menolak reklamasi, membuat aksi masa untuk menolak reklamasi teluk benoa secara simpatik, atau bergabung dengan kelompok penolak reklamasi yang sudah ada atau membuat balio, spanduk atau menyebar poster menolak reklamasi teluk benoa di tempatnya masing-masing.

untuk mengikuti perkembangan update gerakan penolakan ini, bisa via akun-akun resmi di twitter dengan @forbali13, di instagram: instagram.com/forbali13, di facebook: fb.com/forbali13 atau di youtube: youtube.com/forbali

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*