2014: tren beragama menurun, tren beriman menaik

  © Copyright 2012 CorbisCorporation

tahun baru adalah momen buruk di indonesia. alih-alih bergembira dan bersuka cita bersama-sama tapi malah dijadikan ajang debat (kusir) yang tak ada habisnya.

sebagian orang yang menghembus-hembuskan kebencian itu selalu memakai quote-quote dari kitab suci yang dianggap sahih. salah satu quote yang biasa dipakai adalah:”“Barangsiapa yang Menyerupai Suatu Kaum, Maka Ia Termasuk Golongan Mereka”. dan kejadian ini selalu terulang setiap tahun. tidak ada yang pernah bosan.  biasanya kasus seperti ini juga terjadi ketika perayaan valentine day.

namun  menjelang tahun 2014 ini, kegiatan twitwar, debat dan pro kotra perayaan tahun baru menurun. (setidaknya di time line saya). saya menduga tweeple di timeline saya orang-orang sudah jenuh atau malas, atau bisa jadi karena pemahaannya tentang keimanannya berbeda, entahlah.

selama jelang perayaan tahun baru 2014 hanya ada dua retweetan yang sempat mampir ke timeline saya. pertama adalah dari akun generik dan satu aku seorang (agak) seleb yang mengusung quote di atas.

bisa jadi ketertarikan orang dengan agama sudah menurun. orang mungkin telah bosan dengan perpecahan dan perdebatan yang tidak ada manfaatnya. orang rindu dengan kedamaian. karena itu orang-orang agak mengabaikan agama, namun mereka tetap beriman.

ada yang bilang, agama itu memisahkan, iman menyatukan. (cerita tentang perang antar agama bisa dibaca di banyak buku) dan ke depan tren ini tampaknya akan terus meningkat. makin banyak orang-orang yang saya kenal diam-diam menyetujui ide ini. orang-orang makin toleran, tidak mau memonopoli kebenaran. (apalagi di twitter, tidak ada satu hal pun yang bisa mendominasi)

bagaimana, ada komentar? 🙂

 

unaffiliated

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*