event bulan april yang merayakan kartini

108 tahun setelah kepergiannya, pemikiran-pemikiran kartini sampai sekarang masih relevan. bahkan beberapa pemikirannya masih menjadi bahasan. sayang sekali, kartini, perempuan dari mayong jepara itu banyak yang mengenalnya hanya sebagai pahlawan yang menuntut keseteraan antara perempuan dan laki-laki.

padahal sebenarnya tidak hanya itu. kartini yang juga seninam melukis, membatik juga menentang banyak hal yang sampai sekarang masih dipraktekkan: feodalisme dan poligami. ia juga seorang pluralis. dalam buku panggil aku kartini saja tulisan pramudya ananta toer ini menulis

“aku adalah anak budha, dan sebutan itu saja sudah cukup bagiku untuk tidak makan daging. kepada novelis ingris henry fielding ia memuji, itulah seorang idealis. yang mempropagandakan keyakinannya yang sangat indah, mengalahkan kejahatan dengan cinta.

“bunga-bungaan dan dupa memang tidak dapat ditinggalkan dalam seala hal oleh kami orang jawa

agama dimaksudkan sebagai karunia bagi umat manusia untuk mengadakan ikatan antara makhluk-makhluk Tuhan. kita semua adalah saudara, bukan karena kita mempunyai satu leluhur, yaitu leluhur manusia, tapi karena kita semua anak-anak dari satu Bapa

keren kan?

karena itu warga urban jakarta merayakannya dengan beberapa event. diantaranya:
I. kopdar budaya
terbuka & setara: membaca Kembali surat-surat Kartini
waktu: jumat 20 april 2012
Pukul: 19:30 wib
tempat: sbux fx jakarta selatan
pemateri: @chickciets dan @tunggalp

II akademi berbagi di @ngerumpi days out
perempuan menulis perempuan bersuara
waktu: sabtu 21 april 2012
Pukul: 17:00 wib
tempat: FX lt 6 ruang 3
pemateri: @okkymadasari
tempat terbatas, daftar http://de.tk/vRkSN

III salihara selama bulan april mengusung tema: menjunjung bunda bumi. dig sini ada banyak acaa, selain pameran seni rupa, diskusi, tari, teater dan sastra.

silakan pilih acara sesuai minat anda. ngomong-ngomong, apa yang paling berkesan tentang sosok kartini yang kalian tahu?

jumat a:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*