@ryudeka: menulis itu penghiburan yang menyembuhkan

</P

di jogja nyaris semua orang mengenalnya. dulu ia sempat ngetop sebagai vokalis candles band. sekarang laki-laki ini sibuk sebagai editor in chief sebuah free magazine, siaran di tv dan jadi trainer di sebuah broadcasting school. dan pada sabtu 9 april di matchbox too surabaya ia merilis a million dollar question.

novel pertamanya ini ia tulis bersama lala purwono. tema yang ia pilih tentang cinta. namun ketika ditanya apa itu cinta? laki-laki yang mengaku sangat sulit jatuh cinta ini diam. ia malah balik bertanya, “kalau diganti pertanyaanya gimana, ” katanya dengan tertawa. lalu ia menjelaskan definisi jatuh cinta yang menurutnya lebih mudah, “I knew when I’m in love when someone became my morning, my noon and my night

meski begitu ia mengaku sampai sekarang ini baru enam kali jatuh cinta (bukan jadian ya).

cerita tentang penulisan novel a million dollar question ini cukup unik. andrea adhikartika yang kemudian lebih tenar pakai nama @ryudeka dan lala purwono keduanya blogger. mereka dipertemukan karena dianggap gaya tulisan mereka mirip. keduanya lalu saling blogwalking dan meninggalkan sepucuk komentar di sana. dari sinilah awal ide untuk menulis novel duet.

desember 2010 ide menulis novel berdua itu terwujud. deka waktu itu sedang jenuh-jenuhnya dengan pekerjaannya. bahkan ia sudah mengajukan surat resign, sayang suratnya ditolak dan di sarankan untuk “break” beberapa bulan. “Ya udah, aku pikir ini saatnya mencoba sesuatu yang ada manfaatnya, ga sekedar break yang gak jelas dan ngabisin duit, “katanya via instant messanger.

keduanya membuat kesepakatan. karena mereka berjauhan, jogja dan surabaya mereka diskusi memakai semua tools yang ada. bbm, email twitter dan telepon untuk menentukan tema tulisan.

mereka sadar, tak bisa menulis bersama dalam satu chapter. solusinya novel pun ditulis secara bergantian. lala nulis chapter pertama. selesai, dikirmkan ke @ryudeka via email. ia yang melanjutkan ceritanya di chapter kedua. begitu seterusnya. tak jarang mereka terkaget-kaget ketika menemukan lanjutan cerita diluar ekspetasinya.

“hidup ini isinya bertanya dari satu pertanyaan ke pertanyaan berikutnya. masalahnya apakah kita siap untuk menjawabnya? ada pilihan untuk menjawaba atau tidak. kalau menjawab, apakah jujur atau malah siap untuk berbohong saja. yang pasti, hanya orang bodoh saja yang mau membohongi hatinya sendiri, “begitulah ia menjelaskan latar belakang novel setebal 261 halaman tersebut

menurut laki-laki yang bernama real andrea adhikartika ini, novel “a million dollar question” ini menceritakan hubungan perkawanan allena dan dan braga. tentang pertanyaan dan keraguan mereka tentang cinta. dari pertanyaan yang sederhana sampai pertanyaan yang paling penting yang mereka sebut a million dollar question.

@ryudeka yang ngefans dengan alex sriewijono ini mengalami masa bocah yang cukup beda. ketika anak-anak sepermainannya minta dibelikan mainan, ia minta kaset dan mengajak nonton film. dan pada ulang tahun ketiganya, orang tuanya menghadiahi album meriam bellina yang judulnya “simfoni rindu”.

saat ini laki-laki yang mengaku jarang membaca buku ini bergabung di beberapa komunitas. diantaranya blogger cah andong, nulisbuku club, dan pesta blogger jogja. namun ia mengaku ketika kopdar ia merasa banyak yang ilfil dengan dirinya. karena tak cerewet di twitter. pada dasarnya ia pendiam.

waktu makan siang tiba, ia mengakhiri perbincangan. begini kata terakhirnya setelah kurang lebih setengah jam itu, “dari pengalaman yang pernah aku alamin, mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, kecintaan dan totalitas itu penting banget. tiga hal penting yang harus dicermati: detail, passion, consistency.

buku million dollar question saat ini sudah bisa dibeli di nulisbuku.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*