jermal

jermalx

keputusan yang sangat berani. di belantara film yang serba hantu dan cinta, ravi bharwani mencipta film di luar genre tersebut. di depan blogger dan media sabtu, 7 maret saat premiere dia mengatakan, jika setiap hari makan nasi goreng, sekali-sekali nasi liwet mungkin akan ada sensasi beda.

namun alasan sebenarnya bukan itu. dia membuat film jermal karena terinspirasi tulisan di kompas. menurutnya lanskap jermal yang berada di tengah laut lepas merupakan objek yang sangat menantang untuk di visualkan. juga konflik-konflik yang terjadi pada anak-anak di bawah umur yang dipaksa berbulan-bulan tinggal di tempat asing.

pembuatan film yang berdurasi 88 menit ini, mengalami banyak tantangan dalam pembuatannya. medan yang susah, apalagi aktor-aktornya. seluruhnya adalah adalah anak-anak lokal, selain didi petet. keseluruhan film ini disproduksi sepenuhnya di atas jermal. bisa dibayangkan bagaimana para crew harus buang air besar ketika tak ada toilet dan air? atau bagaimana teknik meredam suara generator?

namun hasilnya sebanding dengan kerja keras yang telah tim ecco film lakukan. film yang bertemakan drama keluarga, hubungan seorang ayah dan anaknya ini telah di putar di pusan international film Festival 2008 di bulan Oktober lalu.

film ini menanyakan kepada kita, kemana tempat paling ideal untuk melupakan? johar yang merasa dikhianati isterinya memutuskan pergi ke jermal. jermal adalah secuil gubuk di tengah laut yang di bangun di atas tonggak-tonggak kayu. di tempat itu, ia di bantu beberapa anak-anak menjaring ikan.

setelah 12 tahun menghuni tempat tersebut, ia tak juga bisa melupakan kenangan buruknya. ia masih menyimpan surat-surat dari isterinya yang dikirimkan setiap tahun sekali. sampai pada suatu hari, saat kedatangan jaya (12 th) hidupnya berubah drastis.

ravi menggambarkan hubungan ayah-anak yang baru pertama kali bertemu sejak 12 tahun dengan bagus. di tambah joke-joke anak-anak jermal yang merindukan ibu mereka. karena tak pernah sekolah, mereka minta tolong jaya. surat-surat itu dimasukkan ke dalam botol dan dilemparkan ke laut.

film yang tak pantas untuk di lewatkan. kalian bisa nonton di bioskop mulai 12 maret 2009.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*