mendengarkan tung desem

aku-tung.jpg

pintar bergaul, banyak sahabat bukanlah bakat. ada magic di sana yang bisa dipelajari. beruntung aku sempat mendengarkan ceramah tung desem waringin.

jumat (30/10/2008) pada seminar “sales magic” di jl warung buncit raya 75 itu, selama setengah hari dia mengajari bagaimana cara membuat semua orang langsung jatuh cinta kepada kita tanpa mereka sadari.

untuk itu kita harus pintar menawarkan diri. menurut orang yang pernah menyebar duit seratus juta rupiah di tangerang sewaktu promo bukunya ini, setiap orang adalah sales. agar bisa diterima diperlukan komunikasi yang tepat.

secara garis besar, karakter manusia itu bisa dikelompokkan ke dalam 3 macam. kelompok penglihatan, perasaan dan pendengar. kita bisa mengetahui seseorang termasuk kelompok mana dengan cara bertanya langsung atau observasi kecil-kecilan.

dari pilihan kata sewaktu berbicara misalnya. kelompok penglihatan cenderung suka memakai kata-kata yang berdasar dari amatan matanya: tampaknya, kelihatannya, bentuknya, warnanya dan pemandangannya.

selain itu orang kelompok ini bicaranya cukup cepat. penampilannya rapi. ruang kerja atau rumahnya banyak pajangan, lukisan dan pernak-pernik.

tipe perasaan lain lagi. orang kelompok ini lebih suka memakai kata-kata semacam sejuk, dingin, panas, aman dan juga sering memakai kata-kata yang mewakili gerak. kecepatan bicaranya lambat, penuh jeda. andai jeli, mereka tak begitu memperhatikan penampilan. yang penting nyaman.

sementara kelompok pendengar tentu saja lebih condong memakai kata yang berhubungan dengan telinga: saya mendengar, suaranya kalau bicara seperti membaca puisi

dengan mengetahui karakternya kita harus bisa mengimbanginya, mengikuti apa yang dia mau. sehingga menimbulkan kesan punya kemiripan. misalnya orang yang sama-sama berasal dari tanggul kulon jember, akan merasa lebih nyaman dibandingkan berbincang dengan orang Monrovia.

celakanya, dengan cara seperti itu kita akan kesulitan untuk mendefinisikan seorang blogger akan masuk ke kelompok mana. karena tulisan blogger yang keren akan mendiskripsikan apa yang dirasakan kelima inderanya secara maksimal.

bahkan konon menurut psikologi ada sembilan indera (penglihatan, pendengaran, kinestesis, vestibular, perabaan, temperature, rasa sakit,, perasa dan penciuman )

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*