buenos aires 1977

buenos.jpg

masih ingat penculikan yang dilakukan penguasa pada 1997-1998 yang menimpa para aktivis demokrasi? wakitu itu penguasa merasa ulah pra aktivis demokrasi itu mengancam kedudukannya.

namun sayang, kadang mereka salah menangkap orang. sehingga orang yang tak terlibat pun menjadi korban. hanya karena nomor telepon, nama atau alamatnya disebutkan oleh korban sebelumnya.

film buenos aires 1977 yang di sutradarai adrin caetano ini membeberkan kisah pelarian lima orang yang ditangkap polisi rahasia argentina. mimpi buruk itu dialami oleh claudio tamburrini, seorang pemain sepak bola

karena di curigai sebagai aktivis yang melawan junta militer, ia di culik, disiksa dan di kurung dalam ruang kosong selama tiga bulan dalam keadaan kaki dan tangan diikat dan mata di tutup.

film yang kisahnya berdasar fakta ini lebih mirip film documenter dengan pencahayaan yang natural. acting rodrigo de la serna (actor yang turut menemani gael garcia bernal dalam The Motorcycle Diaries ) sungguh keren karena ia harus mengalami proses pengurusan badan yang drastis, di gunduli.

seperti yang sering kita dengar, mereka di ingterogasi dengan penyiksaan yang habis-habisan, di rendam dalam bak mandi dan tanpa makanan yang cukup tentu saja. dan yang paling mengerikan, mereka dimasukkan ke ruang kosong tanpa pakaian.

satu persatu mereka di bawa ke suatu tempat dan tak pernah kembali. pada malam terakhir sebelum di eksekusi, claudio tamburrini dan empat temannya merencanakan pelarian.

bayangkan, dalam keadan lapar, tak tahu arah dan telanjang mereka berlima berusaha kabur. nyaris sepanajng penuturuannya film ini menyajikan adegan telanjang. film yang judul aslinya crnica de una fuga ini memperoleh 11 award dan 10 nominasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*