yohan, wujudkan mimpi dari kampung halaman sendiri

wonogiri, selama ini dikenal dengan kuliner baksonya, selain itu juga jamu herbal. di mana-mana, bakso wonogiri terkenal paling enak, dibanding kuliner dari wilayah lain.

warga wonogiri, dengan keuletan dan ketekukannya dalam menjalankan bisnisnya mampu survive di mana saja. tak jarang, banyak pengusaha bakso yang sukses di berbagai wilayah indonesia.

namun berbeda dengan orang wonogiri kebanyakan, yohan, warga ronggojati batuwarno ini tak mengikuti kesuksesan para pedagang bakso yang melegenda itu.

laki-laki yang punya akun sosmed @yohan ini memilih menekuni ketrampilan lain yakni memproduksi sangkar burung. usaha ini telah ia jalani selama 3 tahun.

menurut yohan, ia menekuni usaha ini karena sebelumnya ayahnya telah lebih dulu mengembangkan bisnis ini sejak muda. selain itu ia mengaku menyukai pekerjaan yang perlu skill khusus ini.

dalam membuat sangkar burung, ia mendatangkan bahan baku dari tirtomoyo. sebulan ia menargetkan bisa memproduksi sangkar burung sebanyak 30-40 buah dengan berbagai ukuran.

ia menjual sangkar burung dalam dua kategori. yang pertama sangkar burung yang masih mentah, yang proses finishingnya belum selesai. selain itu ia juga memasarkan sangkar burung yang telah difinishing dengan pelitur khusus.

kualitas sangkar burung yang dibuat oleh yohan diakui memang bagus oleh pelanggannya. menurut yohan, ia memang sengaja memilih bahan dengan kualitas baik, bukan sembarangan kayu.

saat ini ia mampu melayani permintaan pasar, mulai dari wilayah baturetno, wonogiri sampaj jabodetabek. ia pun juga memanfaatkan sosial media untuk menjangkau konsumen atau pasar yang lebih luas.

yohan juga menerima pesanan sangkar burung dengan material dan desain khusus.

setiap sangkar burung ia mematok harga 200 ribu sampai 500 ribu, tergantung besar kecil dan kerumitan dalam membuatnya.

perkembangan usahanya cukup baik, namun ada satu kendala yang selama ini belum terselesaikan. saat ini semua pekerjaannya masih diselesaikan secara manual.

ia berharap dalam waktu dekat bisa mempunyai mesin yang mampu meringankan pekerjaanya. dengan adanya mesin ini, dia yakin mampu memproduksi sangkar burung lebih banyak.

dari kampun halaman sendiri, laki-laki single ini ingin mewujudkan mimpinya, menjadi entrepreneur yang mampu memberdayakan orang-orang di sekitarnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*