17 tips berkomunikasi di whatsap agar nyaman seperti di surga

dengan ponsel pintar, kita bisa melakukan komunikasi dengan beragam tools. mulai dari bertelepon, ber-sms, atau memakai ribuan aplikasi pengirim pesan atau percakapan yang tersedia gratis, tergantung tujuan kita bercakap-cakap.

ingin mencari pacar, tinggal mendownload aplikasi tinder, bindr, grindr, taaruf dan teman-temannya. begitu juga ketika ingin berkomunikasi khusus dengan para professional bisa dengan aplikasi yang tersedia.

namun aplikasi paling popular yang dipakai 2 miliar penghuni bumi adalah whatsapp. di indonesia mayoritas pemilik ponsel pasti akan menginstal whatssap. namun sayang, dari pengalaman memakai whatsapp sejak puluhan tahun lalu, banyak pemakai whatssap yang kadang kalah pinter dengan ponselnya.

sebenarnya bukan karena tidak pinter, hanya kurang memahami karakter medium yang dipakai saja. memang, berkomunikasi secara online dengan aplikasi percakapan berbeda dengan ngobrol secara langsung. namun pada dasarnya tetap sama, harus mematuhi etika yang berlaku selama ini.

berikut beberapa “kesalahan” yang biasa dilakukan para pengguna aplikasi percakapan secara personal di whatsapp.

  1. memperlakukan whatsapp sebagai email.

sampai sekarang masih banyak pengguna yang tidak selalu online. banyak orang ketika dikirimi pesan, mereka akan merespon sangat lama, seselo atau seonline mereka saja. padahal, whatsapp harus diperlakukan sebagai ponsel, ketika mendapat pesan, artinya teleponnya berdering dan harus diangkat secepatnya, saat itu juga.

  1. awali percakapan dengan salam, selesaikan percakapan dengan salam, bukan langsung menghilang ketika sedang ngobrol. kalau mau menghentikan percakapan, pamit saja.
  2. jangan hanya dibaca, tapi langsung direspon, meski belum menjawab pertanyaannya atau belum bisa memberikan solusi.

jika berkomunikasi di sebuah grup, ada kesepakatan umum yang harus dipatuhi, selain peraturan yang dibuat secara internal. beberap hal yang sebaiknya diperhatikan saat bergabung di sebuah grup agar suasana grup senyaman surga:

4. scroll (gulir) sebelum posting, sehingga tahu perkembangan percakapan terbaru. jadi tidak akan terposting pertanyaan, komentar yang berulang.

5. reply langsung ke akun yang membuat postingan, bukan di posting sebagai postingan baru

6. jangan salah kamar, fatal akibatnya. karena bisa-bisa obrolan private bisa menjadi konsumsi umum. kita akan malu sendiri akibatnya.

7. jangan memforward postingan dengan alasan apapun karena teman kita sudah mendapatkan info, foto, video tersebut lebih cepat, baik itu tips kesehatan, lelucuon, nasehat agama dan topik lain, apalagi dari sumber yang tidak jelas.

8. ada ujaran, “jangan mengabarkan kematian seseorang jika bukan kau sendiri yang membunuhnya. artinya: bikin konten sendiri. jangan pernah kopas meski dengan alasan kebaikan.

9. aktiflah, jangan hanya menjadi penonton

10. jangan pernah menyingkat kata, apalagi yang tidak lazim atau bahasa selingkung. komunikasi via teks rawan miskom.

11. jangan posting joke internal

12. tertib dan disiplinlah lah memposting sesuai tema grup whatsap. misalnya kita bergabung di grup wasap soal film, jangan pernah posting soal cara beternak lele, apalagi promosi atau jualan investasi, dan sejenisnya

13. jangan baper, meski rambut kepala sama, pikiran bisa lain-lain karena anggota grup beragam dengan latar belakang yang berbeda.

14. jangan mendesak-desakkan ego untuk tujuan pribadi dengan mengulang-ulang pendapatnya sendiri, anggota bosan mendengarnya.

15. jangan flooding. posting terus menerus mirip sebuah utas.

16. jangan menasehati

17. jangan ngobrol personal di publik

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*