marfest 2020, persiapkan siswa smk rus hadapi revolusi industry 4.0

terdapat kesenjangan atau jurang ( gap) antara dunia kerja dengan dunia bisnis atau industri. apalagi di era digital sekarang ini. banyak lulusan smk yang skill atau ketrampilan yang dipelajari di sekolah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan yang diperluikan pasar atau bisnis.

namun berbeda dengan smk raden umar said yang berada di jl. sukun raya no.09, besito kulon, besito, kec. gebog, kabupaten kudus, jawa tengah. smk ini sejak beberapa tahun lalu telah mempunyai kurikulum khusus untuk menyiapkan para siswanya menghadapi era revolusi industry 4.0.

untuk lebih meningkatkan ketrampilan dan membuka wawasan global para siswa, smk rus menyelenggarakan marfest 2020. even eksklusif ini mengundang 12 tokoh lintas profesi yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. beberapa pakar yang dihadirkan di acara ekslusif ini  adalah tommy tjokro dari sepikul institute, aulia marinto, vp marketing indihome, butet kertaradjasa, derryl wilson, naya anindhita, aghi narottama, chandra endroputro, eka adrianie, mahesa desaga, mia utari, bene dion, muhammad israd.

ita sembiring, selaku praktisi pendidikan dan penggagas marfest 2020 mengatakan, kegiatan ini adalah wujud dari konsep merdeka belajar. sebuah paradigma baru yang mendorong kebebasan pada masing-masing institusi pendidikan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

otonomi ini diyakini ita mampu menghasilkan inovasi dan memberdayakan peserta didik agar cepat adaptif dengan dunia kerja sekaligus melalui event ini, membekali siswa ‘ilmu bertahan hidup’ agar menjadi lulusan yang kompeten, dan terutama lagi paham harus berbuat apa ketika mereka sudah menyelesaikan studinya.

pada marfest 2020 ini para siswa bisa memilih kelas-kelas yang digelar sesuai dengan ketertaikannya masing-masing. tema-tema kelas marfest 2020 yang diselenggarakan mulai 12-14 maret 2020 ini antara lain, art of communications, menciptakan karakter dalam cerita, music scoring, kompetisi dalam festival film, desain produksi, digital marketing, peluang bisnis lulusan smk di era digital, mengembangkan produksi dari pilihan konsep yang ada, meraih pasar industry animasi, entepreneurship, penulisan script dan mengubah gambar menjadi produk dagang.

antusias siswa sangat tinggi dalam menyambut acara ini. ratusan anak setiap hari hadir di kelas-kelas yang telah di tentukan. salah satu peserta, dewi sekar ayu kinasih mengatakan, acara yang digagas bu ita ini sangat inspiratif dan  cukup memotivasi untuk karir saya ke depan di bidang animasi.

rencananya acara ini akan diselenggarkan setiap tahun sekali dengan menghadirkan para tokoh dan praktisi lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*