perempuan tanah jahanam lebih mengerikan dibanding joker

usai pengabdi setan, jokan kembali menyuguhkan film horor dan thriller yang mampu menteror penonton. film yang mulai digarap sejak tahun 2011 ini di banyak menyajikan adegan kekerasan yang vulgar, darah bermuncratan di mana-mana.

jokan berhasil mengeksekusi adegan kekerasan sangat sinematik.

riset film ini sangat serius. film ptj mampu menyajikan atmosfir kengerian yang sungguh-sungguh menakutkan. mengambil setting di daerah ijen, banyuwangi, gempol yang masih tampak terbelakang, terpencil, di tengah hutan, sunyi dan semua penghuninya orang dewasa.

rumah-rumah dengan bentuk joglo kuno, menambah suasana mencekam wilayah ini. apalagi pusat dari semua bencana di desa ini adalah rumah tua yang paling besar di wilayah ini.

siapa sebenarnya pemilik rumah ini dulunya? kenala rumah ini ditinggalkan semua penghuninya?

di desa ini juga tak tampak ada anak-anak yang berkeliaran di rumah-rumah yang terbuat dari blabak, kayu murahan yang biasanya dibuat dari kayu sengon yang murah. kenapa tak ada anak-anak di desa ini? apakah semua pasangan mandul, atau karena sebab lain? jangan-jangan semua anak yang lahir dipakai untuk tumbal?

ptj bercerita tentang mencari masa lalu, sejarah asal usul keluarga. siapa sebenarnya keluarga kita, apakah kita pernah tergerak untuk mencari tahu informasi yang sebenarnya? apakah nenek kakek dan leluhur kita sebenarnya orang baik-baik atau bahkan ulama, atau tukang santet?

maya ( tarra basro) pulang kampung untuk mengetahui asal usul keluarganya. dia berharap orangtuanya kaya dan dapat warisan. ditemani dini, teman akrabnya yang dulu sesama pegawai penjaga tol, maya melakukan petualangan ke kampung halamannya.

namun ternyata harapannya berbalik 180 derajat. perjalanan pulang kampungnya berubah jadi horor. kampung halaman itu kini telah menjadi desa kutukan. di kampung ini ia bertemu nyi misni yang misterius, pak lurah saptaadi, dalang yang aneh dan orang-orang kampung yang siap membunuh.

ternyata maya adalah target mereka.  maya adalah orang yang selama ini dicari-cari oleh warga sekampung, bahkan sampai ke kota saat ia bekerja sebagai penjaga pintu tol.

jika tertangkap, maya akan dibunuh, dicincang untuk dijadikan wayang. berhasilkah maya lolos dari pertarungan?

 

 

 

 

 

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*