pria sabu raijua ciptakan tenun ikat sepanjang 68 meter, demi nkri

nusa tenggara timur, makin dikenal para traveller, baik turis asing maupun lokal. karena banyak destinasi wisata ini menyimpan keelokan alam dan budaya eksotis yang tak habis-habis di eksplore.

promosi terus digencarkan oleh berbagai pihak. salah satunya adalah dengan menggelar pameran ekspo ntt di mangga dua Square yang berlokasidi Jl. Gunung. Sahari , Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara

pameran ini rutin ini tiap tahun ini telah diselenggarakan selama dua kali. pameran yang berlangsung hingga Sabtu (27/7) ini menyajikan beragam budaya yang ada di ntt, mulai dari budaya sumba, sabu dan wilayah lainnya.

 

salah satu peserta pameran, ibrahim birelovo dari pulau sabu, pulau terselatan indonesia ini mengatakan, sebagai warga NTT, ia sangat konsen dengan perkembangan budaya NTT, khususnya kain tenun ikatnya.

sejak beberapa tahun lalu pak ibrahim yang juga seorang guru ini terus mempromosikan kain-kain tenun ikat dari wilayah pulau sabu dan sekitarnya.

pada pameran kali ini, laki-laki dari sabu raijua ini membuat kain tenun sepanjang 68 meter tanpa sambung. Pada kain sepanjang itu terdapat lukisan merah putih, komodo sebagai simbol satwa endemik, satu-satunya di dunia dan juga tentang keberagaman indonesia.

angka 68 sebenarnya mengacu pada hari ulang tahun kemerdekaan indonesia beberapa tahun lalu.

“saya ngin menggugah semangat anak negeri untuk terus mencintai Indonesia yang utuh dengan keberagamannya sehingga ke depan nkri terus ada dan jaya, “katanya Senin (22/7).

kain sepanjang 68 meter ini dikerjakan oleh 20 orang selama 86 hari oleh para penenun. Ia berharap, jika diijinkan ia ingin memberikan kain tenun panjang ini kepada presiden indonesia sebagai bentuk hadiah dari rakyat.

di ntt ekspo ini pengunjung bisa memperoleh beragam kain tenun ikat dari sumba, belu, atambua, sabu, Rote dan wilayah lain. Selain itu juga terdapat cindera mata dari kayu gaharu, cendana, kopi dan madu khas ntt.

bagi pecinta wastra dan budaya ntt umumnya, pameran ini berlangsung mulai jam 10 sampai dengan pukul 21:00 wib

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*