martin natadipraja, bertekad menduniakan kuliner indonesia

cef-martin2

profesi chef tampaknya makin banyak yang mengidolakan, bukan hanya dokter atau polisi seperti pada masa dulu ketika belum ada internet. dari penelusuran di instagram banyak anak-anak muda yang menulid bionya di media sosial sebagai chef.

berbeda dengan masa lalu, penampilan mereka kini seperti artis, modis dan cool dan goodlooking.

salah satunya adalah martin natadipraja. publik memang belum mengenal dia setenar chef juna. namun laki-laki dari bogor ini punya puluhan ribu fans di akun instagramnya.

sabtu, 7 januari 2017 pukul 11:00 ia berkisah seputar diri dan profesinya di yoforia, kafe yang semua menunya memakai yogurt yang diproduksi sendirri.

menurutnya, ia mencintai dunia kuliner secara tak sengaja. kok bisa? sewaktu sekolah menengah, martin menderita penyakit liver. karena penyakitnya itu, ia harus lebih selektif memilih makanan.namun karena tak ada orang yang bisa dimintain tolong untuk memasak makanan yang diinginkan, ia mencoba mencari bahan dan memasak makanan sendiri.martin3

sejak itu ia mencintai aktivitas yang berhubungan dengan dunia kulliner. keahliannya itu ia wujudkan dalam sebuah resto yang ia kelola di bogor yakni yeloeatery yang berada di jl pajajaran indah raya no  bogor  ia kini juga berkolaborasi dengan kafe yoforia yang ada di bandung. seiap sabtu, ia datang ke kafe yang menyediakan menu-menunya dengan yogurt ini menemui fans-nya.

martin yang sangat menguasai masakan barat ini saat ini sedang memdalami semua masakan indonesia dari aceh sampai papua. menurutnya masakam barat itu lebih sederhana, bumbumya sedikit namun pumya teknik memasak yang beragam. ini berkebalikan dengan masakan indonesia yang mempunyai bumbu sangat beragam namun hanya mempunyai sedikit teknik memasaknya.

ia juga sedang meneliti, kenapa setiap daerah mempunai karakter makanan yang berbeda-beda. kenapa suatu daerah mempunyai masakan yang yang begitu berbeda dengan daerah lain yang sebenarnya wilayahnya sangat berdekatan.

martin

karena itu ia bertekad, ingin lebih mengenalkan masakan indonesia ke dunia. potensi itu sangat besar. itu adalah salah satu wujud kecintaanya pada indonesia. tatto-tatto di tangannya dengan gambar gunungan (dalam pewayangan) tulisan huruf jawa yang menyimpan makna tertentu adalah bukti lainnya.

menurutnya, makanan bisa mengungkapkan semua hal tentang diri seseorang, ia memasak semua menu makanan dengan sepenuh hati, sehingga jika perasaan sedang kacau, banyak pikiran dan mood lagi kalau, pasti masakah yang dihasilkan akan berantakan juga.

ternyata ia juga gemar sharing ilmu kepada orang lain. ia ingin banyak orang lebih memahami bagaimana cara memasak yang benar. tertarik dan mau mengundang dia, bisa mengubungi akun instagramnya @martinpraja

Share Button
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*