5 karakter manusia dilihat dari cara pesan makan siangnya

food-715539_960_720

di jakarta, makan siang menjadi sesuatu yang rumit dan absurd bagi para pekerja. mulai dari musyawarah yang kadang tidak mufakat untuk menentukan tempat: di food court, di kantin, di warteg atau di kaki lima atau pesan kepada pramubakti atau ojek online.

kerumitan kedua adalah saat akan berangkat. salah satu dari mereka ada yang harus mengirimkan email dulu karena urgent, ada yang mampir ke toilet atau ada yang tiba-tiba diajak ngobrol sama kolega yang kadang berakhir membatalkan acara makan siangnya.

tapi diam-diam makan siang bisa mengungkap fakta tersembunyi karakter sebenarnya yang dimiliki seseorang. cara mengetahuinya, perhatikan saat dia memesan menu:

1) hati seluas semesta

biasanyaa dia memesan menu sesuai yang ada di daftar lembar menu yang telah disediakan. tipe orang ini tidak bawel dan juga tidak pernah menginterogasi soal menu seperti wartawan.

jika memang belum tahu menu yang akan dipesan, dia akan bertanya singkat dan wajar. dia tak pernah mempermasalahkan jika menu pesanan datangnya agak lama. sampai level tertentu dia sangat toleran

2) peminum air laut

ini yang terjadi pada kebanyakan pembeli atau pemesan. jika dia sedang pesan baso, dia akan meminta sambel lebih banyak, kuah lebih banyak, banyakin bawang gorengnya, banyakin seledrinya. jika sambel, kecap dan saos tak gratis, pasti dia juga akan meminta lebih banyak dari yang diperlukan.

jika dia ngopi di starbuck, ia tak segan untuk mengambil beberapa bungkus gula gratis untuk dibawa pulang. orang dalam kategori kelompok ini juga gemar minta ditraktir dan minta oleh-oleh saat temannya liburan.

3) peracik obat, apoteker

kelompok model ini saat memesan makanan atau minuman akan bertanya detail. misal dia pesan orange jus di kafe, dia akan bertanya apakah jus buahnya berasal DARI buah beneran yang masih fresh atau hanya essence.

kalau makan pecel ayam setan di kaki lima, dia akan bertanya apakah minyak gorengnya sudah diganti atau minyak goreng lama.

sebelum memutuskan memesan, ia akan berpikir berapa kalori yang terkandung pada makanan yang dipesannya. atau minimal dia mempertimbangkan makanan yang akan maauk ke perutnya. bukan semata-mata makan karena suka.

4) politikus

karakter orang ini gampang sekali. mengubah menu pesanan, jika memang memungkinkan atau belum dibuat. dia juga gampang terpengaruh teman-temannya. jika teman-temannya memesan ifumi, dia akan ikut-ikutan. apalagi jika ada diskon, dia akan mengajak teman-temannya untuk memesan menu diskon dan kalau bisa dia tidak membayar.

dia juga gemar icip-icip menu pesanan teman, semua teman dan endingnya dia tidak memesan apapun, karena sudah kenyang.

5) perwira militer

orang-orang dalam kelompok ini biasanya seringnya makan siang sendirian. bukan karena tidak punya teman, namun lebih karena dia sangat teguh memegang keyakinannya. kecuali memang tujuan makan siangnya sama, dia baru mau bergabung, ramai-ramai dengan teman-teman yang lain.

urusan menu dan tempat makan ia tidak rewel, hanya ia sangat mengikuti peraturan yang berlaku. dia sadar dengan konsekuensi-konsekuensi atau risiko yang diterima jika makan disuatu tempat. orang kelompok ini tidak akan menyela antrean dan tak akan menyisakan nasi atau lauk jika makan di warung prasmanan.

kamu termasuk kelompok yang mana?

Share Button
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*