pulau merah, tempat wow yang wajib dikunjungi di banyuwangi

pulau-merah

banyuwangi memiliki puluhan pantai yang semuanya masih alami. beberapa pantai sudah sangat populer, pantai plengkung yang sekarang dikenal dengan nama “g land” misalnya. pantai ini memiliki ombak terbesar di dunia setelah brasil.

pantai-pantai lainnya mempunyai karakter yang berbeda-beda. pantai pancur dengan pasir putihnya yang lembut. begitu juga pantai tri angulas, boom yang tak jauh dari pantai pancur yang berada di pinggir taman nasional alas purwo.

pulau-merah2

rabu, 12 mei 2016 saya beruntung bisa berkunjung ke sebuah pantai yang begitu memikat keindahan dan keunikannya. namanya pantai pulau merah. pantai ini warna pasirnya putih, warna airnya sejernih kristal zwarovski. lalu kenapa pantai ini disebut pantai merah?

dulu pantai ini bernama pantai ringin pitu. karena di sekitar pantai terdapat pohon beringin yang berjumlah tujuh. namun nama itu pelan-pelan memghilang dari penyebutan dan berubah menjadi pantai merah.

pulau-merah3
tak diketahui pasti alasannya

beberapa orang mengatakan, nama itu dipakai karena warna pasir dan tanah di sekitarnya yang tampak kemerahan. ada juga yang menyakini konon dahulu kala ada pancaran sinar merah keluar dari bukit yang berada di bibir pantai.

apapun sebutannya, keelokan pantai yang berada di kampung pancer, desa sumberagung, pesanggaran, banyuwangi tetap memukau. setelah melakukaan perjalanan sejauh 80 km dari pusat kota, pengunjung akan terbelalak menyaksikaan pantai dengan keindahannya yang memukau.
pulau-merah4
keindahan pantai merah ini mirip dengan pulau phi phi di thailand di film the beach yang dibintangi leonardo dicaprio.

di hadapan kita terbentang lautan yang airnya biru, pasir yang lembut dan yang paling menakjubkan, ada bukit menjulang di pinggir pantai. kami semua tentu penasaran, ada apa saja di pulau mungil seluas dua kali lapangan sepak bola ini?

untuk menuju ke pulau tajk berpenghuni ini, kita harus menunggu air laut surut. andai air laut pasang, perahu pun tak bisa melewatinya. menurut warga setempat, dulu pulau merah dijadikan tempat pertahanan jepang.

pulau-merah5

karena ombaknya yang cukup besar pantai ini dimanfaatkam para pengunjung untuk berselancar. di sekitar pantai ada both both persewaan papan selancar yang bisa dipakai seharian.

sore itu tampak beberapa wisatawan asing dan lokal sangat menikmati gulungan ombak yang cukup besar itu. biasanya mereka adalah para peselancar yang baru belajar. peselancar yang sudah mahir akan memilih pantai plengkung yang besaran ombaknya lebih menantang.
pulau-merah6
waktu terasa begitu cepat dan kami pun harus melanjutkan ke tempat lain di banyuwangi. suatu hari kami ingin kembali.


baca juga:

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*