kenalkan jarot erdiyanto, pemandu wisata kawah ijen

jarot2

berwisata itu menyenangkan. kesenangan itu makin sempurna ketika perginya bersama teman-teman akrab atau orang-orang yang kita sayangi. kesenangan itu menjadi kebahagiaan  jika dalam berwisata ditemani seorang pemandu wisata yang cakap dan menguasai medan.

dan pada perjalanan mengeksplorasi wisata banyunwangi 8- 12 mei 2016 kami, para blogger ditemani oleh pemandu wisata yang namanya jarot erdiyanto

selama empat hari  kami ditemani beliaunya untuk mengeksplorasi banyak tempat yang berada di wilayah “kekuasaanya” di antaranya: kampung adat suku osing, pantai boom, taman baluran, pantai bangsring, pantai trianggulasi, alas purwo, pantai pancur, pantai watu dodol, pulau merah,  jagir..muncar, pelabuhan penghasil ikan terbesar di indonesia.

dengan fasih pak jarot memberikan informasi penting di setiap tempat yang dikunjungi.

laki-laki ini telah menjadi pemandu wisata sejak tahun 1994. dulu ia sering menjadi guide wisatawan untuk tujuan malang, surabaya, banyuwangi dan wilayah-wilayah di sekitarnya. namun saat ini ia lebih fokus untuk tujuan wisata banyuwangi saja.

pak jarot mengaku minimal 3 kali seminggu naik ke puncak kawah ijen yang tingginya 3000an meter itu. jalanan menuju ke puncak gunung yang populer dengan blue fire-nya ini cukup terjal dengan kemiringan 45 derajat. namun ia tak pernah merasa lelah.  ia merasa memang passionnya di traveling.

selain itu agar tetap fits, ia sangat menjaga pola makan setiap harinya. ia menjauhi makanan berlemak. menu favoritnya buatan istrinya sendiri: sambal tempe penyet, teri dan lalapan kacang. uniknya tempe yang dibuat sambel harus dikukus bukan digoreng.

jarot

selama dua puluh tahun menjadi pemandu wisata ia tak pernah menemukan wisatawan yang menyebalkam. “semua wisatawan lokal maupun asing yang datang menyenangkan. kebahagiaan itu makin lengkap bila para wisatawan tersebut puas dalam berwisata menikmati keelokan dan keindahan alam dan budaya yang dikunjunginya

pak jarot yang asli banyuwangi ini fasih berbahasa inggris, belanda dan jerman dan tentu saja bahasa lokal: jawa, madura, banyuwangi dan osing. karena banyak wisatawan prancis yang mengunjungi kawah ijen, ia berniat serius mulai belajar bahasa prancis.

semangatnya mengagumkan dalam memperkenalkan budaya dan alam banyuwangi, the city of magic ini. informasi yang ia sampaikan nyaris semuanya tak ada di google, sehinnga pengunjung tak merasa bosan mendengarnya.

ayo segera packing ke banyuwangi dan temui bapak bermata biru ini, namun ia menolak ketika ditanya apakah dirinya indo. ia menjawab, indonesia.

jadi jika ke banyuwangi, bisa hubungi bapak yang ramah ini, nomor kontaknya aku simpan rapi.

baca juga:

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*