mitos di alas purwo, ada pintu gerbang ke alam lain

otw-hutan

mitosnya alas purwo identik dengan kerajaan jin dengan segala ceritanya yang aneh, menyeramkan dan tak masuk akal bagi orang-orang modern. di hutan belantara milik taman nasional park banyuwangi yang luasnya 434 km persegi ini banyak cerita mistis. dan ini salah satu faktor alas purwo begitu populer.

padahal taman naaional yang berada di ujung pulau jawa ini juga menjadi adalah tempat untuk melindungi berbagai satwa langka yang ada di jawa timur. beberapa hewan langka itu diantaranya adalah banteng jawa, elang jawa, anjing hutan, rusa, burung merak dan lainnya

pintu-gerbang

pesona alas purwo terletak pada kondisi keaslian alamnya yang masih perawan. hutan jati ini adalah cagar alam terakhir yang ekosistemnya masih terjaga jauh dari campur tangan manusia.  jika ada pohon yang roboh tak akan dipotong atau disingkirkan dari tempatnya semula.

padang-gembala

rabu, 11 mei 2016, rombongan blogger yang diundang kementerian pariwisata dalam rangkaian international tour de banyuwangi ijen 2016 ini beruntung mengeksplorasi keindahan hutan mistis ini. selama dalam perjalanan menuju alas purwo, tampak tiga ekor merak mencari makan. sementara monyet-monyet kecil sesekali bergelantungan di antara ranting dan pohon jati .

jalan untuk menuju ke alas purwo  tak begitu mulus, sehingga perlu waktu lebih lama untuk sampai ke dalam. jalan yang tidak beraspal ini dimaksudkan untuk menjaga ekosistem alas purwo seperti aslinya. jika tak biasa perjalanan kurang lebih satu jam dari jalan raya ini membuat kepala pusing-pusing.

namun jangan khawatir, di alas purwo terdapat sedikitnya 8 tujuan wisata yang harus dikunjungi. tempat itu diantaranya adalah savana sadengan, pantai trianggulasi, pantai plengkung atau g land, pantai pancur, pantai ngagelan, pantai cungur, makam mbah dowo dan goa-goa yang berjumlah 40 buah.

sekali datang ke alas purwo 10 tempat wisata terkunjungi.

jati

sayang karena terbatasnya waktu, rombongan blogger hanya bisa mengunjungi sadengan, pantai pancur dan situs kawitan. tempat ini sungguh menarik. di lokasi ini terdapat sebuah ura kuno, pura luhur salaka. konon pura ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

kawitan adalah kosa kata bahasa jawa kuno yang artinya permulaan. jadi tempat ini adalah tempat pertama kali dibangunnya peradaban di banyuwangi. konon dulu penghuni wilayah ini adalah orang-orang yang terdesak dari kerajaan majapahit yang menolak islam sebagai agama baru.  sebagian orang yang menolak melarikan diri sampai ke bali, sementara yang lain berdiam di alas purwo

di situs ini terdapat sebuah pura, tempat bersembahyang orang-orang hindu. pada bulan purnama dan hari-hari penting, banyak orang bersembahyang di sini. dulu mereka adalah orang-orang yang tetap mempertahanan keyakinannya setelah terdesak karena munculnya agama baru. beberapa orang melanjutkan perjalanan sampai ke bali, yang lain berhenti di sini.

di dalam pura terdapat pintu gerbang ke dunia meta fisika. mirip pintu terlarang dalam film the side of the door.
dalam waktu dekat di situs ini akan dibangun candi bentar

pura-girisalaka

baca juga:

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*