5 alasan ini bikin traveler kembali lagi ke banyuwangi

osing-pantai2banyuwangi, sunrise of java memang tujuan wisata yang harus di agendakan oleh siapa saja yang menyukai wisata alam yang masih perawan. di kota paling timur pulau jawa ini, para traveler bisa menikmati eloknya sunrise di pantai watu ulo, pantai boom, dermaga cinta, kawah ijen dan pantai bama.

siapapun yang pernah mengunjungi banyuwangi, pasti akan memperoleh kesan mendalam dan kenangan indah yang susah dilupakan. sehingga mereka akan mengulang momen indah itu dengan mengunjungi kota yang mempunyai banyak tujuan wisata ini.

kenapa mereka ingin kembali, berikut 6 alasannya:

1. destiniaai wisata yang lengkap: budaya, alam, kuliner dan spiritual

osing-pantai

tak seperti kota lain, banyuwangi adalah kota yang istimewa. selain mempunyai keindahan alam yang elok, pantai, taman nasional juga menyimpan cerita mistis yang tak habis-habis.

setiap tempat, setiap peristiwa mempunyai mitos. bagi traveler yang menyukai sejarah kota, kota banyuwangi adalah sumber cerita yang tak pernah ada endingnya. karena kota ini adalah bekas pusat kerajaan blambangan yang kesohor itu.

2. destinasi dunia: plengkung ( g land), ijen

banyuwangi mempunyai pantai yang telah mendunia, pantai plengkung atau g land yang mempunyai ombak terbesar kedua setelah brasil. para peselancar profesional dari seluruh dunia berburu ombak di pantai yang berada di bibir hutan belantara ini.

selain itu banyuwangi mempunyai gunung ijen dengan kawah yang memunculkan blue firenya. gunung setinggi 3000an meter ini adalah salah satu dari gunung yang populer di dunia karena blue firenya. gunung lain yang ada blue firenya berada di iceland.

itulah kenapa, traveler dunia menjadikan banyuwangi sebagai salah satu agenda tujuan wisatanya, terutama traveler dari prancis.

3. suku osing, situs kawitan

osing-gamelansuku osing adalah orang asli banyuwani yang telah mendiami wilayah tersebut sejak kerajaan majapahit. suku osing konon adalah prang-orang yang terdesak karena perkembangan agama baru. mereka menolak agama baru dan pergi ke tengah hutan.

suju osing kini berada di desa kemiren, glagah. mereka sampai sekarang masih bersetia dengan adat istiadat yang diwariskan leluhurnya. di wilayah kemiren terdapat ritual budaya unik yang tak ada duanya di dunia: festival sepuluh ribu kopi, festival meme kasur dan lainnya.

4) alas purwo, hutan alami yang masih tersisa

osing-alasbanyuwangi mempunyai dua taman nasional yang masih sangat alami: taman baluran dan  taman nasional alas purwo. di kedua tempat ini banyak spesies endemik yang terus dijaga agar tidk punah. beberapa spesies itu diantaranya: banteng jawa, elang jawa, merak, rusa, ajak hutan dan lainnya.

alas purwo juga menyimpan cerita misteri. di tengah hutan terdapat goa-goa dan pura yang masing-masing menyimpan cerita aneh yang melampaui fiksi.

5) kota kuliner ekstrem

osing-gamelan-menukarakter kuliner banyuwangi adalah asin dan super pedas. beberapa menu yang populer di kota ini adalah nasi tempong, sayur uyah asem, pecel pitik suku osing, pecel semanggi dan pecel pakis.

namun ada kuliner  yang lebih ekstrem dan populer di banyuwangi, diantaranya adalah oling kuah pedas. oling, sidat, moa atau unagi  adalah belut raksasa yang mempunyai daun telinga. seekor oling dewasa bisa mencapai berat 8 kg dan panjang 120 meter.

kuliner ekstrem yang kedua adalah sate nyambek. nyambek atau biawak adalah binatang reptilia sejenis kadal atau komodo. di banyuwangi hewan ini dijadikan kuliner yang menjadi favorit para tarveler.

6) biaya yang murah

banyuwangi konon adalah kota kabupaten terluas di indonesia. untuk menjelajah kota ini perlu sarana transportasi yang memadai. namun jangan khawatir untuk menjelah kota banyuwangi, lebih hemat mengikuti paket traveling yang ada di kota ini.

ingin memanjakan lidah sepuasnya, tak perlu mengeluarkan kocek dalam. harga-harga makanan di banyuwangi masih alami, sealami alamnya, belum terkontaminasi harga-harga tempat wisata seperti kota lain.

baca juga:

Share Button
10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*