leo consul: bermimpilah dan jangan pernah menyerah

leo-consul

laki-laki dari balinao, filipina ini punya potensi besar untuk sukses meniti karir di dunia entertainment di indonesia. minimal ada 5 hal yang bisa dipakai sebagai modal kuat untuk menarasikan sosoknya.

yang pertama tentu saja tampangnya yang kamera face, kedua berasal dari luar negeri, ketiga dia memang multi talenta, mulai dari public speaking, menulis, berakting dan saat ini sedang belajar menjad chef. keempat, dan ini sangat jarang dimiliki oleh orang lain: kisah hidupnya yang sinematik.

bayangkan, dia terlahir dari keluarga yang miskin. ayannya seorang pekerja serabutan, ibunya buruh cuci dan pejaja asongan. sejak usia 8 tahun, leo yang mempunyai panggilan “dong” ini harus menjadi seorang cleaning service di sebuah bus dan menjadi pemulung.

satu lagi, ia memperoleh penolakan di lingkungannya, diolok-olok karena ia lahir sebagai anak haram, lahir di luar nikah. kisah hidupnya yang telah ditulis dalam novelnya ini tentu akan menginspirasi banyak orang karena ceritanya yang pasti disukai pembaca: kisah kesabaran, keuletan dan perjuangan dalam meraih cita-cita. intinya, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, tapi arus yang dia lalui sangat deras.

leo berhasil melampaui segala tantangan, rintangan dan hambatan yang menghadang di depannya.

dan dari acara launching novel pertamanya, a thousand miles in broken slippers” rabu, 23 desember 2015 ia  sempat meneteskan air mata saat membacakan salah satu paragraf bukunya yang akan beredar 14 januari 2014.

leo-consul2

leo sangat ramah. kepada para leonatics-nya, fan basenya, ia selalu berkomunikasi hangat. ini tampak pada akun twitternya, @leo_consul dan ig @consulleo. dan tentu saja ia dengan cepat ia mengiyakan saat diajak ngobrol.

berikut sebagian perbincangan itu. oya dia sudah fasih berbahasa indonesia dengan style ke-malay-malay-an.

kenapa memilih berkarir di indonesia, bukan di negeri sendiri, filipina?

sebenernya saya tidak memilih indonesia, kebutulan saja karena teman-teman saya waktu kuliah sudah pindah  ke  jakarta untuk mengajar di sekolah international di sini. saya awalnya guru bahasa inggris dan karena passion saya tidak ada di situ, saya coba melompatke dunia entertainment.

terinspirasi oleh maribeth dan christian bautista?

saya tidak tahu kalo maribeth punya karir dan terkenal di sini. kalau christian bautista juga terkenal di sini, itu bukan alasan saya kenapa saya memilih masuk dunia entertainment di indonesia. saya masuk ke dunia ini karena tuhan memberi kesampatan dan saya  dengan senang hati mengambil kesampatan itu.

sejak kapan menekuni menulis novel?

sejak kecil saya sudah suka menulis. saya jadi journalist of the year waktu di sekolah sma. dan saya ambil jurusan masscommunication major in journalism minor in broadcasting. saya pernah juga menulis artikel di koran di filipina. saya juga sering ikut lomba creative writing dan editorial writing saat di sekolah.

 

 indonesia, khususnya jakarta itu apa menurutmu?

indonesia adalah rumah kedua saya. saya lebih paham Jakarta di banding manila, ibu kota filipina. karena saya tinggal di sini lebih lama di banding manila.

**

leo yang sedang sibuk mempromosikan novelnya ini sangat menyukai nasi padang, nasi uduk. selain itu ia juga menyukai indonesia karena orang-orang di sini sangat ramah terutama kepada dirinya.

selain menulis, leo juga punya banyak aktivitas, bahkan saat ia santai. beberapa aktivitas itu diantaranta adalah latihan menyanyi, membaca buku, menulis lagi, berolahraga tenis dan badminton dan memasak. rencananya ia ingin menjadi chef suatu hari nanti.

menurutnya orang yang paling berjasa dalam hidupnya sehingga menjadi seperti sekarang ini adalah ayahnya. “I owe my life to my father, ” katanya.

cita-citanya yang sebenarnya adalah menjadi news anchor. namun angin membawanya ke dunia entertainment, ke depan ia ingin menjadi penulis dan chef. untuk mewujudkan mimpinya menjadi chef ia mulai belajar bahasa prancis karena ia ingin mempelajari kuliner di sana. menurutnya udaranya yang dingin membuatnya betah di sana.

masih muda, namun perjalanan hidupnya telah sangat kaya. kepada para leonatics yang sedang mewujudkan mimpinya, ia berpesan, “hold on to your dreams. if they don’t happen today, it will happen tomorrow. never give up”.

semoga sukses.

*foto diambil dari instagramnya

Share Button
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*