ip man 3, sederhana itu selalu (lebih) menarik

ipman2

poster-poster yang dipasang di dinding bioskop, dalam pigura-pigura yaang dikelilingi lampu menyala itu tak satupun yang menarik perhatian untuk ditonton. karena semua menayangkan film indonesia: single, langit terbelah di amerika dan lainnya. satu yang berbeda: ip man 3.

aku menontonnya di blok m square, parameter laris tidaknya film indonesia bisa dilihat di sini.

meski ini film lanjutan, tak perlu juga harus nonton film sebelumnya. karena film ip man 3 yang dibintangi oleh donnie yen sebagai ip man, lynn hung, mike tyson dan kawan-kawan ini  ceritanya sangat simpel: sekelompok geng yang ingin menguasai sebuah sekolahan untuk dijadikan markasnya.

tentu saja geng yang dipimpin oleh mike tyson ini memperoleh perlawanan kerasa dari donnie yen. akting donni di sini sungguh memukai. dari awal sampai akhir cerita, karakternya konsisten: sebagai jagoan silat  dengan segala kerendahan hatinya.

akting donnie yen dalam film ini sangat memukau, mampu menggerakkan emosi penonton untuk hanyut mengikuti dan terlibat dalam konflik yang sedang dihadapinya.

sebagai suami dan ayah yang baik, donnie yen selalu makan malam di rumah meski dia mendapat kiriman makanan dari para ibu saat menjaga sekolah.

donny sebagai suami yang sayang keluarga, digambarkan dengan mengantarkan anaknya ke sekolah dan mengantar isterinya ke dokter.

sebagai ksatria, ia sendirian mendatangi sarang penjahat yang berusaha menghancurkan keluarganya. meski dia tau di tempat itu ada ratusan anak buahnya yang siap melumatnya.

menjelang kematian isterinya, sutradara menggambarkan lynn hung dengan mengajak donnie berfoto bersama memakai pakaian yang istimewa, pakaian terbagus miliknya.

penulis skenario film ini edmond wong, jill leung, chan tai-li sunggu piawai dalam mendeskripsikan adegan-adegan yang mampu menggugah emosi penonton.  para tokohnya berakting tidak aneh-aneh, sangat pas, tidak berlebihan

musik kenji kawai pun sangat mendukung,  tidak  memaksa pentonton untuk terkejut atau senang sesuai dengan keinginan kehendak pembuat film.

jarang nonton film seorgasmic ini.

 

 

Share Button
11 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*