7 isu yang disukai netizen di linimasa

socmed

sejak ada internet, hidup menjadi lebih rumit. informasi bak air bah yang mendatangi kita dari pagi ke pagi, selama 24 jam tanpa jeda. tapi mau tak mau, suka atau tidak suka kita harus nyemplung dan hidup di dalam lautan informasi yang tanpa batas itu.

perlu usaha super keras untuk menjadi buih yang berwarna putih, ombak yang asoy dipakai untuk surfing atau menjadi badai tsunami yang mampu memporak porandakan pantai. atau ada juga pilihan lain yang lebih mudah, menjadi pelancong yang cukup puas menikmati suasana lalu pergi begitu saja.

karena itu, tweeple sebagai media (alternatif) harus selalu update informasi terkini dan mengikuti isu-isu yang disukai onliner kebanyakan demi menyuapi dan memuaskan dahaga para follower.

meski kadang terseret arus pada satu pokok bahasan yang tak kita kuasai, demi eksis, menjadi ombak yang besar, menjadi key opinion leader (kol) banyak orang membagikan ilmu, pengalamannya di linimasa dengan kultwit bernomor sampai ratusan. ada juga yang hanya ikut-ikutan memberikan komentar, beropiniĀ  dengan membuat meme, foto, video atau bentuk konten kreatif lainnya.

celakanya banyak yang tidak menyadari bahwa konten yang mereka posting penuh kegaringan. bisa jadi itu sebuah strategi atau memang benar-benar ia terlambat menerima informasi. tapi tidak apa-apa, atas nama kebebasan berekspresi.

beberapa isu yang sangat disukai para tweeple yang bisa dipakai untuk mendongkrak kepopulerannya dengan indikasi kenaikan jumlah follower, jumlah retweet atau respon itu adalah:

1. momen peringatan hari besar (agama)

setiap tahun rutinitas ini terjadi. jelang hari libur nasional natal, selalu muncul isu haram halal mengucapkan natal. tema ini seperti tak pernah lekang oleh zaman. semua tweeple seperti berlomba-lomba untuk mencari pahala dengan mendukung atau meng-gak-apa-apa-kan muslim yang mengucapkan selamat natal kepada temannya yang beragama kristen atau katolik.

begitu juga peringatan hari lain: valentine day. orang-orang yang tak punya bahan twit.

2. indisipliner

sebagai orang yang berpendidikan tinggal di pusat peradaban jakarta, masalah sampah adalah masalah yang sangat serius. ketika ada seseorang yang membuang sampah sembarangan, misalnya membuang sampah dari kaca mobil, atau sekumpulan kerumunan dalam suatu event brand yang meninggalkan jejaka sampah, tweeple seperti kebakaran rumah. serempak mereka berteriak, memaki, mengutuk dan membully ramai-ramai di time line.selain urusan sampah, masalah antre juga menjadi topik yang sangat menarik untuk ditwitkan.

3. gerakan moral

masih berhubungan dengan agama dan keyakinan. setiap orang beragama seperti mempunyai kewajiban untuk menyerukan, mengajak orang-orang di sekitarnya untuk melakukan kebaikan. ketika ada hal yang dianggap bertentangan dengan keyakinannya di sekitarnya lantas bikin suatu gerakan. yang pernah ramai waktu itu misalnya tagar sahabat miras.atau ajakan untuk memboikot brand-brand yang dianggap mendukung atau mendanai negara tertentu

4. gerakan social untuk kebaikan

kebaikan memang masih menjadi bahasan yang sangat disukai tweeple. beberapa aktivitas yang tujuannya untuk kebaikan pasti responnya sangat bagus. misalnya gerakan hemat energi yang dilakukan secara nasional dengan mematikan lampu selama satu jam. atau gerakan go green dengan mengajak setiap orang untuk hemat memakai tisu, menanam pohon namun dibelahan lain hutam dibabat habis.

5. soal kucing, anjing dan hewan-hewan yang beruntung

kucing-anjing

hewan-hewan peliharaan yang paling beruntung mungkin anjing dan kucing. apapaun bahasannya asal soal kucing dan anjing yang lucu nggemesin itu selalu viral. apalagi jika hewan-hewan itu ditelantarkan atau diperlakukakan dengan buruk atau hilang.

masih ingat bagaimana hebohnya ketika ada anjing mati karena salah urus ketika di penitipan hewan atau dalam pengiriman. juga soal gerakan untuk penyelamatan kucing tuna wisma yang berkeliaran di jalan dengan melakukan operasi vasektomi.

selain anjing dan kucing, ikan paus yang terdampar juga isu yang sangat suka dibahas di linimasa.

6. momen mengharukan

hal-hal yang menyentuh hati biasanya sangat viral: sopir taksi yang ingin mengajak makan-makan di warung junk food, tukang ojek yang disuruh beli makanan dan tidak dikasih komisi, tukang ojek yang ditolak beli makanan di warung hipster, filmmaker yang kekurangan dana atau hal-hal yang menyangkut hajat hidup kelas menengah akan menjadi bahasan yang super duper ramai.

untuk kasus razia kaki lima, metromini yang menghilang atau para pemulung justru tidak mendapat perhatian di linimasa.

7. ganteng dan cantik

siapapun yang punya tampang cantik atau ganteng berpeluang menjadi populer di linimasa. entah itu profesinya sebagai polisi, tukang karcis kereta, pejabat, petugas bank, olahragawan, satpol pp, penjual getuk, tukang fotokopi atau uang lain. tweeple dan tentu saja banyak orang, menyukai topik bahasan ini.

mereka adalah orang-orang yang beruntung. namun sayang mereka populer hanya sekejap, sebatas menjadi bahasan di linimasa

Share Button
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*