tiap aggota keluarga punya resep nasi goreng enak

nasgor-ok

masa bocah adalah masa yang menyenangkan. salah satu momen paling berkesan adalah hari minggu. selain libur sekolah, hari itu adalah waktu berkumpul untuk sarapan bersama. dan kami, anak-anaknya yang berjumlah empat orang yang diberi tugas untuk membuat sarapan bergiliran.

dan menu yang dipilih adalah nasi goreng, karena cara membuatnya cukup sederhana. setiap anak memperoleh jatah sebulan sekali untuk membuat nasi goreng.

orang tua kami memberikan kebebasan untuk membuat menu kesukaan yang dianggap paling enak. maka anak-anak yang telah diberi kepercayaan penuh itu sangat bersemangat, seolah ingin menunjukkan karya terbaiknya.

seperti lazimnya nasi goreng, sebenarnya kami semua memakai bumbu dasar yang sama. cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam diuleg atau dihaluskan lalu masukkan ke dalam wajan yang telah panas minyaknya. selanjutnya telur ayam yang sudah dikocok dimasukkan dan aduk-aduk sampai  mengental. baru kemudian dimasukkan nasi dan terakhir kecap manis.

namun yang membedakan nasi goreng tiap minggu adalah isiannya yang membuat nasi gorengnya beragam rasa.

misalnya kakak tertua, selalu membuat nasi goreng dengan tambahan ikan teri sehingga rasanya lebih asin di lidah saya. atau kadang-kadang ia menambahkan telu dadar yang telah diiris-iris.

kakak yang lain suka sekali membuat nasi goreng dengan cabe rawit yang banyak, namun cabe-cabe tersebut tidak diuleg, tapi diiris. nasi goreng ini yang paling tidak disukai karena terlalu pedas, sehingga banyak yang lebih suka mengumpulkan cabe-cabe iris tersebut di pinggir piring.

nasi goreng buatan adik saya lebih unik, ia selalu menambahkan bumbu terasi tiap membuat nasi goreng. dengan aromanya yang khas membuat seluruh anggota keluarga paling menyukai nasi goreng buatannya. entah karena menyukai beneran atau karena ia anak yang paling kecil.

dan saya sendiri lebih menyukai nasi goreng yang ditambahkan sayuran, misalnya kangkung atau bayam.  sejak kecil memang sangat menyukai sayuran. sampai sekarang saya menyempatkan mampir ke nasi goreng yang ada di jl veteran rempoa, jakarta selatan, satu-satunya nasi goreng yang menambahkan kangkung di dalamnya. enak dan  tentu saya sehat.

setiap wilayah di indonesia tampaknya mengenal menu nasi goreng. namun menurut sejarahnya, konon nasi goreng berasal dari tionghoa.  menurut catatan, nasi goreng telah ada sejak tahun 4000 sm. nasi goreng kemudian dibawa para pelancong tionghoa ke asia tenggara, termasuk indonesia. para pelancong kemudian menciptakan nasi goreng dengan mengadaptasikan bumbu-bumbu khas yang ada di sekitarnya.

ide penciptaan nasi goreng sebenarnya muncul dari karakter budaya tionghoa yang tidak suka memakan makanan yang sudah dingin. selain itu mereka juga tidak mau membuang sisa makanan sehari sebelumnya karena masih bisa dimanfaatkan. maka mereka lalu menggorengnya dan dihidangkan kembali di meja makan untuk seluruh keluarga.

dan ternyata ide sederhana ini kini banyak yang menyukainya. bahkan orang-orang di belahan dunia manapun mengakui, nasi goreng adalah salah satu menu paling enak yang pernah ada.

jelajah

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*