setan yang dibelenggu dalam tubuh manusia

masjid-fanabis

kamis, 18 juni 2015, adalah hari pertama puasa baik versi pemerintah maupun versi lainnya. tumben kan puasa tahun ini mulainya bareng. semoga nanti berhari raya pada hari yang sama juga.

ramadan diyakini sebagai bulan yang penuh keutamaan. pada bulan ini, tuhan memberikan rahmat, ampunan dan pembebasan api neraka kepada semua makhluknya. oya mungkin ada yang belum tahu, berpuasa itu ternyata hanya wajib untuk orang-orang beriman. jadi jika diri merasa tidak atau belum beriman tidak puasa ok ok saja.

namun malang bagi para setan. makhluk tuhan yang diciptakan dari api itu, bulan ramadan adalah bulan bencana, karena dirinya selama sebulan penuh mereka dipenjara. sesuai sabda nabi, ”apabila datang ramadan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.”

namun banyak yang tak menduga, setan-setan itu kemudian dibelenggu, dimasukkan ke dalam pikiran, tubuh dan hati orang-orang yang berpuasa.sehingga tidak heran jika meski berpuasa, banyak orang yang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan tujuan puasa yang sebenarnya.

perilaku syetan itu nyata-nyata ada di dalam diri setiap orang. sayang kadang banyak yang tidak menyadarinya. mulai dari hal-hal kecil. contoh yang konkret adalah pengeluaran yang lebih tinggi untuk diri sendiri dibanding bulan-bulan biasa.

bajet untuk buka dan sahur lebih mahal, godaan sale di setiap warung dan toko, baik online maupun offline. pelampiasan keserakahan itu tak hanya dalam bentuk perilaku fisik seperti makan dan pakaian itu adalah salah satu bentuk ketakmampuan menahan diri.  bentuk ketakmampuan membelenggu setan yang ada dalam dirinya.

lebih ekstrim lagi, bisa dibaca di media-media, akhir pekan ini warga kampung pengarengan, cakung, jakarta timur melakukan tawuran pagi. namun perkelahian massal itu bisa langsung dilerai polisi.

intinya adalah ada kejahatan di dalam diri setiap orang. dan berpuasa melipatgandakan energi setan untuk melakukan kejahatan. jadi waspadahal jadikan pikiran, tubuh dan hatimu lebih kuat sehingga setan-setan yang bersemayam tak bisa berkutik……. bisa? pasti bisa.

 

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*