pilih teman atau uang?

teman

banyak orang masih menyodorkan pertanyaan klise tersebut jika ingin menguji kebaikan seseorang. meskipun si penanya sudah mengetahui jawaban sebenarnya apa.

memang, idealnya kita bisa memilih keduanya. karena banyak yang berpikiran apalah artinya mempunyai uang banyak tapi tanpa teman, atau sebaliknya banyak teman tanpa uang masih mending dianggap orang yang tidak matre.

jadi uang itu dianggap kurang baik, simbol materialisme yang harus diberantas. padahal kenyataanya banyak orang yang setiap detik berburu uang, kadang tanpa mengiraukan teman.

dilema atau munafik? tak sesederhana itu juga.

jika terpaksa harus memilih salah satu, saya pilih uang. tampak matre dan tak punya perikekawanan? belum tentu. mari kita bahas lebih dalam lagi.

dengan punya uang banyak kita bisa melakukan lebih banyak hal, kita bisa melakukan apapun yang kita mau, mulai dari hal yang baik sampai hal yang jahat. termasuk membeli teman seperti yang dilakukan oleh miliarder dari yunani yang saya lupa namanya.

beberapa orang memang mudah tergelincir karena uang, tidak bisa tetap cool, objektif dan tidak bisa mengontrol emosi-emosinya. celakanya lingkungan sekitar memberikan pupuk yang subur bagi orang-orang yang punya banyak uang untuk mudah tergelincir. orang yang punya banyak uang mempunyai privilege yang lebih dibanding orang yang tak punya uang. misalnya fasilitas-fasilitas premium di bandara, di tempat parkir juga di mata banyak orang.

contoh konkretnya dibukain pintu, dibawakan tasnya, diberi akses jalan lebih cepat dengan menyewa vorijder  dan seterusnya dan seterusnya.

jika kita bisa mengontrol dan mengendalikan emosi, meski mempunyai uang segudang akan tetap cool dan seperti manusia biasa, orang kebanyakan yang tidak mempunyai uang, tentu sebuah prestasi, apalagi jika kita bisa memanfaatkan uang itu bukan buat kepentingan kita sendiri, namun juga untuk kepentingan orang-orang yang membutuhkan, kita akan mempunyai teman yang banyak, lebih banyak dibanding jumlah teman jika kita tak punya uang.

jadi punya uang banyak itu lebih membahagiakan. beberapa orang masih suka mempertanyakan apakah uang bisa membuat bahagia seseorang? jawabannya sangat bisa. bisa banget, idealnya memang punya uang banyak harus lebih bahagia dibanding jika mempunyai uang yang sedikit, asal tahu caranya mendrive uang tersebut.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*