pasar pondok indah, revolusi sebuah pasar tradisional

paspin-batik(butik-butik batik tulis, harga dari 110 , 230 sampai 10 juta ada di lantai 1)

pasar, kini menjadi tempat nongkrong yang share-able di social media. pasar tradisional pondok indah, yang berada di pondok pinang ini kini menjadi salah satu alternatif para jakartan untuk window shopping, nongkrong atau sekedar mampir ketika mati gaya karena kemacetan jakarta.

pasar pondok indah yang lebih populer disebut paspin itu mulai 15 april 2015 telah dilaunch ke publik. tampilan dari luar, pasar dengan 4 lantai ini cukup menarik. desain gedung dengan warna kehijau-hijauan ini dikelilingi oleh tempat parkir.

paspin-batik2

begitu kaki melangkah masuk, udara sejuk langsung menyambut seolah mengucapkan selamat datang. berikutnya adalah butik-butik batik tulis berjejer rapi. tak ada batik printing di sini, karena memang barang-barang yang masuk dikurasi sama pengelola paspin.

paspin-batik3

(produk-produk kreatif khas anak mudah juga ada di lantai atas)

venna christina dewi pada sabtu, 18 april 2015 mengatakan, paspin sengaja hanya membolehkan batik tulis yang bisa masuk, karena paspin adalah pusat budaya yang akan mengenalkan budaya indonesia kepada anak-anak muda.

selain batik tulis, juga banyak buti yang menjual fashion dari kain tenun, tenun troso, tenun ntt, timor dan lainnya.

ibu venna juga mengatakan, di paspin akan ada program dan agenda menarik yang akan dilaksanakan secara rutin maupun berkala. di lantai  3 paspin terdapat aula atau hall yang bisa dipakai untuk mengadakan event-event yang berhubungan dengan budaya. dan hari minggu akan ada acara khusus sunday market.

larasati

ibu larasati suliantoro sulaiman (80th) seorang penggerak budaya yang ikut membuat konsep pasar pondok indah sebagai pusat budaya mengatakan, pasar adalah indikator budaya yang mayoritas pelakunya adalah ibu. lalu beliau dengan bersemangat pentingnya ibu dalam menentukan masa depan anak-anaknya.

paspin

saat ini kios-kios yang disewa dengan harga 15 juta per tahun ini nyaris sudah penuh. terutama lantai basement atau ruang bawah tanah. lantai ini ditempati oleh para penjual yang telah existing sebelumnya, para penjual sayur, kelontong, daging ikan dan barang-barang pasar tradisional lainnya.

selain menghadirkan batik dan tenun, di lantai atas paspin ini juga ditemui toko buku, toko kerami dan barang-barang kreatif lainnya.

sepotongkue

jika lelah berbelanja tinggal mampir ke foodcourt di lantai 4. di sini tersedia banyak pilihan menu. mulai dari nasi padang, sayur sehat, warung racikan ratu dan yang spesial adalah ada @sepotongkue.

paspin2(burger bun empal suwir, warna hitam berasal dari vegetable carbon yang bisa menyerap racun di tubuh bisa diperoleh di @sepotongkue)

di @sepotongkue kita bisa memesan mulai dari makanan berat seperti iga bakar, madu dan rawon. sementara dessertnya adalah ice kream kas @sepotongkue, burger bunt empal suwir dan kue-kue lain yang semuanya enak.

tampaknya paspin ini kedepan akan semakin ramai, karena para penjual adalah para pebisnis atau para start up yang memulai membangun bisnisnya, bukan orang-orang selo yang kebingungan memaknai hidupnya.

jika sukses paspin kemungkinan akan ditiru oleh pasar-pasar tradisional di tempat lain.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*