deka novendra: batik tulis wonogiren tak kalah keren

deka

setiap orang punya alasan berbeda saat memutuskan menjadi seorang bisnisman atau enterpreneur atau wirausahawan. ada yang karena warisan, ada yang karena memang menyukai tantangan di dunia bisnis, ada yang terpaksa karena tak ada pilihan lain atau alasan lain.

namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh deka novendra ini. dia memutuskan resign dari pekerjaannya untuk membangun bisnisnya sendiri, yakni batik tulis wonogiren pada tahun 2012.

namun sebenarnya ia tak tahu kenapa saat itu bisa mengorbankan pekerjaannya yang telah mapan di pertamina dan memilih bisnis batik. “semua mengalir begitu saja, “katanya.

laki-laki yang menyukai olahraga tenis sejak kecil ini memilih bisnis batik motif wonogiren, bukan batik solo, jogja pekalongan, trusmi atau wilayah lain yang telah lebih populer.

deka1

melalui telepon ia menyampaikan, ia memilih batik wonogiren karena memang mencintai batik yang berasal dari daerah tempatnya ia lahir dan tumbuh, wilayah yang lekat dan identik dengan tukang baso dan jamu ini.

seperti batik daerah lain, batik wonogiren pun mempunyai ciri khas yang kuat. namun laki-laki yang biasa dipanggil deka ini memodify motif-motif batik wonogiren menjadi lebih kontemporer dan modern. hal ini dilakukan atas permintaan para pelanggannya.

kelebihan batik wonogiren yang dikembangkan deka ini selain motif batiknya yang karakternya kuat juga sangat  sangat eksklusif. setiap satu motif batik hanya dibuat selembar kain, yang akan dijahit menjadi satu baju. sehingga baju yang kita pakai tak ada yang akan pernah menyamainya di seluruh planet ini.

deka2

deka menyatakan, menjadi pengusaha itu selain bisa mandiri, ia merasa berguna bukan saja untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejateraan para pekerjanya namun juga para pembelinya.

motif batik wonogiren yang diciptakan deka menceritakan keadaan alam wonogiri. “pada dasarnya tiap batik mempunyai persamaan motif,   menggambarkan tanaman, bunga-bunga, burung-burung atau hewan lainnya.

dalam mencipta motif, ia mempunyai seorang konseptor, lalu si pembatik tinggal menyesuaikan saja dari konsep yang tercetak dalam kertas karbon. deka memproduksi kain batiknya di jakarta, namun para pembatiknya tinggal di tirtomoyo wonogiri jawa tengah.

dalam mengembangkan bisnisnya ini deka juga dibantu oleh 2 penjahit dan 8 pembatik. dan laki-laki yang menyukai traveling ini merangkap sebatai marketing sekaligus sebagai customer service. strategi bisnisnya masih dari mulut ke telinga para pelanggannya.

deka3

setiap bulag nnya ia baru bisa membuat 60-80 lembar batik tulis yang siap dijadikan kemeja eksklusif.

ia merasa beruntung dengan adanya teknologi. begitu produksi batik tulisnya selesai, deka langsung disebar via whatsapp dan bbm biasanya langsung laku 80-90 persen. karena itu sampai sekarang ia belum berniat membuka butik, galeri atau bahkan toko online. satu-satunya tool yang dia pakai adalah instagram dengan nama akun “novendrabatik”.

para pelanggannya cukup beragam mulai dari karyawan, pns dan beberapa anchor tv juga mulai banyak yang memakai batiknya yang warnanya cerah itu. beberapa waktu lalu ia juga melayani pemesan batik khusus dari sebuah perusahaan. harga satu baju berkisar 400 ribu sampai dengan 1 juta.

deka sangat memperhatikan para pelanggannya. kepada pelanggan baru ia akan menemui langsung jika masih tinggal di jakarta dan mengantarnya sendiri jika kemeja yang dipesan sudah jadi. karena itu sampai sekarang nyaris tak ada yang komplain dengan layanan yang dia berikan.

melalui batik wonogiren ia ingin mengenalkan dan mempopulerkan batik  wonogiri kepada masyarakat luas bahwa batik wonogiri itu ada dan tidak  kalah keren motif dan kualitasnya.

bagaimana, sudah siap memesan? bisa cek di instagramnya “novendrabatik” atau langsung hubungi 082114571888

Share Button
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*