masih ada, orang-orang yang hidup untuk hidup orang lain

wellness-594181_1280anggapan hanya sedikit orang baik itu terbantahkan sore tadi, dalam menyeleksi orang-orang  yang akan memperoleh award terdapat ratusan orang-orang yang punya dedikasi untuk kebaikan sesama. mereka menyerahkan sepenuh hidupnya untuk membantu sesama dengan caranya masing-masing.

mereka kebanyakan berdedikasi di daerah-daerah. tampaknya kota besar sudah tidak memerlukan orang-orang baik lagi, atau sulitnya menemukan jakartans yang perlu dibantu? entahlah.

pilihan hidup mereka memang memukau, menampar banyak orang yang mendengarkan. sayang mereka biasanya tidak terendus media karena kemungkinan hanya akan mendatangkan pageview yang sedikit, atau karena memang mereka sendiri yang tidak mau diekspose.

orang-orang baik tak memerlukan pengakuan lagi.

orang-orang yang menginspirasi, yang melakukan sesuatu yang hebat, kadang bukan dari kalangan orang-orang hebat, namun justru karena keterbatasn yang dimiliki. bukan saja keterbatasan fisik, namun juga keterbatasan kesempatan, ekonomi dan waktu.

misalnya zamrisyaf di sumatera barat. bapak kelahiran tahun 1958 ini hanya alumi sekolah menengah, namun melihat di wilayahnya tidak ada listrik, ia mencoba mencipta energi listrik dari gelombang laut. namun pemerintah masih belum menganggap ini serius. temuannya itu belum berhasil membuat wilayahnya terang benderang. ia merasa malu dan pergi ke malaysia.

saat memperoleh hadiah kalpataru, temuannya mulai diliril dan ia menjadi pegawai pln.  kerena terus belajar, ia akhirnya bisa menyempurnakan temuan keren tersebut.

ada seorang ibu rela menggadaikan sk suaminya untuk mendirikan slb gratis, ada juga bapak-bapak yang menggali bukit untuk mengalirkan air, ada yang menjadi volunteer polisi terumbuh karang, ada yang membudi dayakan burung maleo, ada sopoir bus malam yang membangun sekolah gratis dan banyak lagi.

semua fakta-fakta itu seperti menampar muka sambil bertanya, apa yang telah kau lakukan selama ini?

mengagumkan, mereka seperti tak pernah kehabisan energi dan selalu bersemangat. padahal beberapa orang pekerja jakarta selalu malas berangkat ke kantor ketika hari senin. emoga bisa ketemu mereka, orang-orang hebat itu di lain waktu.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*