9 pokok pikiran personal branding @beckTum dan Erwin Parengkuan

05022015-personalbrandingpersonal branding sangat perlu untuk dilakukan agar keberadaan kita bisa lebih mudah dikenali dan diingat sebagai seseorang yang mempunyai karakter tertentu. personal branding adalah persepsi atau citra seorang di mata orang lain.

sebenarnya tak ada masalah dengan pencitraan, namun ketika istilah itu berada dalam konteks politik maknanya jadi berubah  karena pada dasarnya setiap orang ingin dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan, baik dan mempunyai karakter tertentu.

personal branding tidak hanya dibutuhkan oleh para public figure, artis.atau.selebritas. kita semua perlu punya brand. bagi pekerja atau professional, personal branding  bisa dipakai untuk meningkatkan karir seseorang.

bagaimana cara kita membranding diri, menurut.becky tumewu.dan.erwin parengkuan dalam buku terbarunya, personal.brand- inc,  ada 7 komponen yang diperlukan untuk membranding diri.  ketujuh komponen itu adalah:

1. nilai (value)
nilai-nilai seseorang ditentukan oleh keyakinan, kesukaan, passion yang dimiliki seseorang.  rampersad dalam bukunya “authentic personal branding” menulis, nilai-nilai anda adalah prinsip-prinsip yang dipakai dallam hidup, yang mempengaruhi cara berpikir, merasakan dan berperilaku dan mengambil keputusan,

2. kemampuan dan ketrampilaan (skill and competence)
kemampuan yang baik dapat digunakan untuk melakukan, mengerjakan atau menghasikkan sesuatu, semakin cekatan dan terampil melakukapn suatu pekerjaan tertentu, semakin kuat pula personal branding kita.

3. perilaku (behaviour)
untuk membangun personal brand, seseorang harus melakukan berbagai upaya untuk mendukung terbentuknya personal brand. upaya-upaya tersebut harus sejalan dengan personal brand yang kita ingin bangun dan harus dilakukan secara konsisten

4. penampilan (total look)
penampilan fisik juga penting untuk mendukung, seperti fashion, aksesori, model rambut  dan lain-lain. penampilan sangat mempengaruhi kesuksesan personal branding seseorang.

5. keunikan (uniqueness)
setiap orang memang unik, ini adalah komponen yang bisa dipakai untuk membangun personal branding. keunikan akan menjadi pembeda seseorang. keunikan yang bisa mendukung pembentukan personal branding harus kita tonjolkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

6. prestasi
ini jelas, seseorang yang berprestasi di bidang tertentu atau di banyak bidang akan sangat mempercepat  terbentuknya personal branding seseorang.  prestasi dapat menambah kredibilitas dan profesionalisme seseorang

7. kekuatan
kekuatan adalah kelebihan yang dimiliki seseorang sebagai sesuatu yang membedakan dirinya dengan orang lain. seseorang harus  mengetahui keunggulan yang dimilikinya. dengan begitu kita bisa terlihat lebih menonjol disbanding orang lain.

8. otentik
tidak klise,  kita bisa membangun personal brand berdasarkan karakter asli, nilai-nilai, kekuatan, keunikan dan keunggulan diri sehingga kita membangun personal brand lebih mudah dan mencerminkan diri yang sebenarnya.

9. tujuan
tujuan, target bisa memperkuat seseorang dalam mencapai cita-cita. karena dengan mempunyai tujuan, kita mempunyai arah kemana dan bagaimana caranya untuk mewujudkan tujuan yang telah kita ciptakan tersebut.

Share Button
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*