pk, mengenalkan agama baru masa depan

pk-movierajkumar hirani ( 3 idiots) jenius. tampaknya dia sudah begitu bosan dengan kelakuan orang-orang beragama yang selama ini saling bertengkar, berperang untuk membela agamanya masing-masing. padahal semua agama mengaku menyembah tuhan.

tuhan yang mana?

film pk menyinyiri keberadaan agama-agama yang ada sekarang ini secara lucu. namun sebenarnya ini masalah yang super serius. secara implisit raj kumar ingin mengenalkan agama baru masa depan yang lebih damai, tidak terperangkap dalam jubah-jubah dan ritual-ritual tertentu yang berbeda-beda.

rajkumar kemudian menciptakan tokoh pk, makhluk aneh dari entah belahan semesta yang mana. pk laki-laki yang turun ke bumi enta apa tujuannya (mungkin aku kurang nyimak atau lupa). dengan bekal “remote” yang diikatkan di lehernya, ia berkomunikasi dengan sesama spesiesnya di angkasa.

sayang, “remote” yang berbentuk mirip batu itu dirampas oleh orang pertama yang ditemuinya di pinggir rel kereta. pk yang telanjang bulat itu kebingungan karena di planetnya tak ada orang yang merampas kepunyaan orang lain.

pk kemudian belajar berbahasa, di tempat asalnya komunikasi dilakukan hanya dengan pegangan tangan, untuk mentransfer informasi yang ingin disampaikan.

pk kemudian berkelana mencari pertolongan untuk menemukan “remote”nya. dan dari nasehat banyak orang, hanya tuhan yang bisa menolongnya. maka ia mulai melakukan pencarian.

rajkumar hirani menggambarkan pencarian tuhan yang dilakukan oleh pk begitu memukau, pas dan nonjok. rajkumar mengkritisi, menyinyiri dan menolak agama-agama langit yang ada saat ini.

rajkumar mengenalkan agama baru masa depan melalui sosok pk yang tak mengenal bohong, menipu atau merampas. harus transparan seperti makhluk-makhluk dari galaksi lain yang telanjang bulat seperti burung. dan hanya punya satu tuhan, bukan dua tuhan seperti milik manusia: tuhan yang menciptakan dan tuhan yang diciptakan.

meski masalah yang dibahas sangat serius. film ini sangat lucu dan menghibur. komplet

 

Share Button
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*