lucy, film spiritual yang super hipster

lucy

banyak film-film hollywood yang saat ini cenderung mengeksplorasi spiritual namun cara menyajikannya sangat science fiction. misalnya avatar, in time atau yang terbaru: lucy.

film yang skripnya ditulis oleh luc besson ini mengangkat tema tentang penggunaan kapasitas otak manusia. lucy, gadis biasa ini diculik sebuah geng narkoba ini dijadikan kurir untuk mengantar narkoba jenis baru ke china. namun secara tidak sengaja narkoba yang ditanam di perutnya itu bocor. (zat terkandung dalam narkoba ini adalah zat tiruan yang diproduksi oleh ibu hamil. kekuatan zat ini setara dengan bom, karena itulah  janin dalam perut ibu bisa menciptakan tulang)

bagi pemakainya, narkoba ini ternyata mampu meningkatkan pemakaian kapasistas otak manusia. lucy dengan aliran narkoba di darahnya bisa memakai kapasitas otaknya secara maksimal.

luc besson menggambarkan penggunaan kapasitas otak ini sungguh memukau.

orang biasa rata-rata hanya memakai kapasitas otaknya 10 persen. semakin seseorang bisa memakai kapasitasnya lebih tinggi, maka dia akan lebih bisa mengendalikan diri. lebih tinggi lagi, bisa mengendalikan orang lain, lebih tinggi lagi, dia tidak lagi mempunyai sifat-sifat manusia: tak ada rasa takut, tak ada rasa cemas, tak ada rasa sakit lagi, lebih tinggi bisa merasakan atau mengetahu masa lalu seseorang, dan apa yang akan terjadi ketika seseorang bisa memakai kapasitas otaknya sampai 100%?

sayang sekali kebanyakan manusia lebih menyukai memiliki sesuatu daripada “menjadi”. seperti yang kita lihat di kota-kota besar, mayoritas orang lebih sibuk mengumpulkan benda-benda yang sebenarnya tidak berguna, mengoleksi barang antik, menumpuk uang entah sampai kapan berhentinya.

lucy dengan kondisi tubuh yang sudah “tercemar” zat itu kemudian menemui profesor morgan freeman. dia ingin mendiskusikan keadaan dirinya yang sekarang telah bisa mengontrol pemakaian kapasitas otaknya 20%, 40% atau bahkan 60%.

film ini sangat menarik cara menyampaikannya sangat futuristik, hitech namun sebenarnya cerita ini sudah ada sejak manusia mempunyai keyakinan kepada tuhan. hanya saja, cara yang untuk mencapai kemampuan itu sungguh berbeda, juga istilah-istilah yang berbeda. mungkin lucy ini memakai cara instan dengan stimulator zat -zat kimia.

beruntung saya sempat nonton film ini setelah tayang hampir sebulan. film yang sungguh diluar harapan saya. sangat menggugah dengan ilustrasi gambar-gambar hewan yang indah. dan yang paling membius soundtrack introutus requiem karya mozart

 

Tags:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*