pasar santa, sarang baru para hipster jakarta

pasarsantax1111
“lokasi pasar santa, tepatnya di jalan cisanggiri III jakarta selatan telepon (021) 7260660”

itulah tempat yang mulai popular di kalangan sekelompok hipster jakarta. ( definisi hipster yang pas bisa dicek di sini  )
atas informasi seorang teman, aku datang ke lokasi yang bisa dijangkau dengan jalan kaki dari terminal blok m. ada angkot, ojek atau taksi untuk menuju ke sana. namun aku memilih jalan kaki. bukan karena pengen sehat, tapi dengan jalan kaki berharap aktivitas itu adalah racun yang bisa membunuh kebosanan.

pasarsantax11
sore sekitar pukul tiga, aku sampai di pasar santa. seperti pasar tradisional lain, para penjual dimasukan kedalam ruangan 2×2 meter dan antar pedagang dipisah dengan sekat. deretan kios itu sangat sinematik 🙂

begitu masuk gedung pasar yang berbentuk kubus itu, di pintu masuk sebelah kiri ada penjual emas, penjual pakaian, tukang jahit dan grosir buku dan lainnya

sekilas tak ada yang istimewa para penjual, pembeli dan barang-barang yang dijualnya. termasuk harganya. segelas es milo dingin masih bisa dibeli dengan harga 5000 rupiah saja. belum ada nuansa hipster sama sekali di sini.

karena sudah sore, suasana pasar sudah sepi. menurut penjual milo dingin, ada beberapa penjual yang belum berjualan karena masih merayakan lebaran. asyik banget, orang-orang yang mandiri, tak tersentuh oleh aturan perburuhan dan jadwal cuti bersama yang dikeluarkan oleh para menteri.

pasarsantax111
nuansa kehipsteran mulai terasa di lantai dua, namun saat itu masih di bagian sisi barat saja. di sisi timur, kios-kios mungil yang sewanya 3 jutaan per bulan itu telah diisi para penjual makanan, ada nasi rames mba xxx, ayam goreng ibu ooo, dan kebanyakan masih tutup. sekilas yang tampak hanyalah lorong-lorong kosong.
pasarsantax

makin kearah “sana” baru nampak suasana yang sangat berbeda dengan lantai bawah. kios-kios mungil ini didandani cantik.  hanya baru ada tiga yang buka, kios lomografi, kios baju, kios kopi abcd  (a bunch of caffeine dealer).

aku kurang beruntung karena waktu itu kios kopi itu tutup. dari isu yang beredar, warung kopi itu buka pada hari-hari tertentu secara random. Dan uniknya konon ketika nongkrong dan minum kopi disitu pengunjung bebas membayar dan dengan harga yang terserah.

unik, eksklusif dan tidak mainstream

pasarsantax1

begitulah. ketika kalian sudah bosan nongkrong-nongkrong di mal yang mainstream, carilah tempat-tempat unik yang tak pernah diduga orang sebelumnya.ketika kalian pengen pakai baju yang limited edition, maksudnya hanya dibuat satu per model, ini tempat yang tepat. ketika kalian selo, kalian bisa membuka toko di sini dengan jam buka sesuai mood.

andai kalian orang kreatif, berpikiran terbuka tentang semua hal, berpikir nobox coba saja main-main ke tempat ini.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*