pemilu

Pemilu-20141suasana ramadan tahun ini adalah puasa paling kelam yang pernah saya alami. karena bulan yang katanya suci, bulan banyak berkah, bulan yang penuh ampunan, bulan ketika berbuat kebaikan memperoleh pahala yang berlipat-lipat, ada yang bilang puasa adala ibadah yang langsung untuk tuhan.

namun sepertinya beberapa orang abai dengan semua itu. ramadan 1435 hijriyah bertepatan dengan pemilihan pemilihan presiden. kebetulan hanya ada dua calon. kebetulan juga calonnya, joko widodo atau jokowi dan prabowo subianto yang mempunyai rekam jejak yang kontras.

jokowi dipersepseikan pendukungnya sebagai calon yang mau bekerja keras, mau mendengarkan rakyat dan mengerti psikologi masyarakat indonesia kebanyakan. karena dia berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. kepemimpinannya juga sudah terbukti bisa diterima masyarakat solo ketika dia menjadi walikota juga ketika dia sebagai gubernur jakarta yang menggantikan foke.

jokowi adalah lambang pendobrak status quo, dan masyarakat berharap banyak dari kerja nyatanya.

calon lainnya adalah prabowo subianto, mantan jenderal kopasus ini menyimpan masa lalu yang kelam. anak dari begawan ekonomi ini dituding bertanggungjawab terhadap penculikan aktivis 1998, dan pembunuhan di timor-timor. ia adalah representasi dari orde baru, salah satu penyebabnya adalah karena dia mantan menantu soeharto.

massa pemilih dihadapkan pada dua hal yang sangat kontras. sehingga masing-masing pendukung berusaha habis-habisan untuk saling menghabisi.

tak segan, tak malu, tak takut pihak-pihak pendukung partai beramai-ramai menyebarkan fakta-fakta yang tidak bernar, memfitnah dan menyerang secara terang-terangan. misalnya dari kubu prabowo menyerang lawannya dengan isu katolik, china, pki. isu yang sensitif di sini.

dan celakanya kedua kubu saling menuding dan mengaku sebagai korban. permainan yang aneh dan tidak masuk akal bukan? dan hal ini dilakukan pada bulan puasa. kenapa para pembuat kabar bohong, fitnah itu mau melakukannya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*