Dimana kebahagiaan bersembunyi?

corbis_perpignan_spread_2

semua gerakan, mulai dari berbicara, berjalan sampai berlari, bahkan yang tak tampak sekalipun seperti berpikir tujuannya adalah baik, mencari kebahagiaan. namun meski telah berusaha maksimal kebahagiaan itu kadang tak pernah ditemukan. kemana perginya kebahagiaan, semua orang mencari namun sangat sedikit atau barangkali memang kebahagiaan itu tidak ada?

bisa jadi, kebahagiaan itu adalah ilusi, angan-angan kosong ketika manusia berada dalam keputus-asaan karena kelelahan dan kebingungan dengan dengan apa yang sedang dihadapi?

di sekeliling kita bertebaran tips-tips bagaimana mengejar atau mencari bahagia. bahkan ada yang menyebut ada 2014 cara untuk menemukan kebahagiaan, termasuk dengan cara tidak membahagiakan diri sendiri atau bahkan orang lain.

tips yang suka beredar itu misalnya untuk bahagia harus mengurangi keakraban dengan handphone, tidak belanja dengan kartu kredit, dan hal-hal lain yang dianggap perbuatan modern yang negatif.

padahal bukankah kebahagiaan itu tidak ada hubungannya dengan modernitas atau level tertentu yang diciptakan sendiri oleh manusia? apakah orang-orang lama lebih bahagia dibanding orang-orang yang lebih modern atau sebaliknya? belum tentu.

lalu apa yang menyebabkan orang bisa bahagia? (kalau memang ada?). bahagia bukanlah sebuah pencapaian-pencapaian seperti ketika sudah punya uang 1 miliar dolar, punya pasangan ideal atau menguasai bidang tertentu.

bahagia hanyalah sebuah momen. momen dimana seseorang bisa selalu menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang berbahagia dan momen itu akan berubah menjadi agak tidak bahagia lalu berubah lagi menjadi kesedihan lalu berubah lagi menjadi agak membahagiakan lalu berubah lagi menjadi bahagia kembali. menyadari bahwa momen itu konsisten berubah, mungkin ini lebih dari sekedar bahagia?.

contohnya ketika mempunyai gaji sejuta, makannya di warteg bahari, gaji 5 juta makan di warteg langganan sudah tak nyaman, inginnya ke sari bundo dan seterusnya. kebahagiaan dan kesedihan tidak bisa diukur memakai ukuran-ukuran yang disepakati bersama. bahagia itu pengalaman yang sangat personal.

makanya ada yang bilang bahwa kebahagiaan itu (kalau ada) bukan disebabkan oleh hal-hal diluar diri. ada yang bilang caranya untuk bisa bahagia adalah dengan selalu memiliki kesadaran penuh. caranya untuk selalu bisa berkesadaran penuh  itu dengan meditasi. tapi sampai sekarang aku belum pernah belajar, apalagi mempraktekkan.

jadi bagaimana caranya agar bisa terus berbahagia? tetaplah biasa aja, cool,  dan semua akan baik-baik saja. 🙂

image diambil dari http://www.segura-inc.com/pics/5329/700/corbis_perpignan_spread_2.jpg

Tags:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*