siapa pemakai social media di indonesia :)

42-23691402

Pada sebuah sore di bandara Internasional Juanda Surabaya. Pada sebuah antrian di loket salah satu maskapai penerbangan terdengar keberisikan. Muasal masalahnya ternyata adalah jadwal penerbangan yang delay sekitar 90 menitan. Mereka memprotes karena pemberitahuan itu sangat mendadak, tidak disampaikan melalui email, sms atau telepon sebelumnya.

Tampak kerumunan itu mayoritas adalah anak muda. Seperti umumnya tipikal anak muda modern sekarang ini, mereka tak bisa lepas dari gadget. Jari-jarinya terus bergerak memainkan layar dengan menyentuh-nyentuhnya. Sebagian yang lain memencet tuts-tuts keypad.

Menghadapi layanan salah satu maskapai penerbangan yang cukup terkenal itu, mereka hanya memprotes kepada petugas tiket yang (mungkin) hanya menjalankan pekerjaannya. Ada yang berteriak marah-marah, sebagian yang lain menggerutu dan yang lainnya diam, sepertinyapasrah.

Salah seorang dari calon penumpang mencoba mengambil alih suasana yang cukup menghebohkan itu. Laki-laki itu dengan suara lantang dan tenang mengajak mereka mengadukan masalah ini ke social media, Twitter. Laki-laki itu menyebar akun Twitter penerbangan yang delay petang itu.

Bagaimana respon para calon penumpang yang dikecewakan itu?

Mayoritas mereka memiliki akun Twitter. Hal ini diketahui setelah laki-laki itu menanyainya. Namun mereka semua menolak memanfaatkan Twitter untuk mengekspresikan perasaan jengkelnya. Menurut mereka, meskipun complain di Twitter, tidak akan mengubah keadaan. Sia-sia.
Padahal laki-laki yang melakukan orasi ajakan itu bermaksud ingin mengedukasi para konsumen untuk memperoleh hak-haknya. Dengan kekuatan Twitter yang bisa menyebarkan informasi dengan cepat dan luas, pihak maskapai penerbangan akan menjadi aware dengan konversasi yang negatif itu.

Selain itu kejadian delay seperti yang dialamai mereka tak terjadi lagi pada orang-orang lain di masa-masa mendatang. Ternya semua sepertinya kompak. Mereka lebih memilih memunggu sambil sibuk dengan gadgetnya tentu saja.

Konon pengguna Internet Indonesia mencapai 60 juta orang. Dan 8 dari 10 onliner itu memakai social media untuk bersosialisasi di dunia maya. Andai onliner di Indonesia mayoritas seperti pemakai maskapai yang delay sore itu, pertanyaan besarnya adalah aktivitas apa saja yang dilakukan mereka ketika sedang memakai tools social media?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*