5 tempat paling menarik di jakarta

di metropolitan jakarta, banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi baik sendirian, berduaan atau beramai-ramai. baik ketika bergembira, biasa-biasa saja atau sedang sedih tak terperikan. jakarta sebagai ibu kota menyediakan semua tempat-tempat tersebut. namun tidak semua gratis. banyak tempat yang hanya bisa diakses oleh sedikit orang, dan hanya sedikit tempat yang bisa diakses banyak orang.

beberapa tempat paling menyenangkan yang pernah aku kunjungi di jakarta itu:

1. dunia fantasi ancol
ya seperti namanya, tempat ini fantastis. banyak mainan yang semuanya belum pernah aku coba sewaktu masa bosah. sebagai seorang penakut, saya bisa menantang ketakutan itu nyaris tanpa risiko. mencoba halilintar, rafting, ontang-anting semua tantangan itu bisa terlewati dengan aman. namun aku harus menyerah ketika ditantang untuk mencoba tornado. mungkin waktu itu kepala sudah pusing, atau antrean yang terlalu panjang. agak aneh juga melihat orang-orang yang datang ke ancol untuk membeli ketakutan 🙂

2. kios buku gramedia pim
biasanya suka ke gramedia pim atau blok m, karena pertimbangan jarak semata. meski kadang dari rumah tidak niat beli, ke toko buku itu seperti berwisata, karena selalu ada buku-buku baru yang dipajang di depan. meski kadang buku-buku itu terbungkus plastik semua, kadang-kadang aku minta ijin ke penjaganya untuk membukanya. dan sampai sekarang belum pernah ada yang “berani” menolak permintaanku itu. namun kadang-kadang aku sobek langsung. sayang tempat duduk yang disediakan kurang banyak di toko ini. tapi tetap menyenangkan

3. warung kopi monolog
suka duduk-duduk bukan di warung kopi bukan karena kopinya. karena setiap datang ke warung kopi yang dipesan selalu jus. jus buah segar, bukan jus abal-abal yang terbuat dari gula dan essence buah. oh ya aku selalu memastikan ke mbaknya apakah jusnya berasal dari buah segar atau bukan. karena tidak jarang pesan jus jeruk keluarnya nutrisari. 🙂 jus pisang paling enak di monolog, ps.

kenapa sampai sekarang tidak ada tempat atau kafe yang khusus jualan jus buah?

ke tempat ini biasanya bersama teman, berdua, bertiga atau beramai-ramai. asyiknya tempat ini bisa untuk berlama-lama dan cukup private untuk membahas topik yang diharapkan orang yang duduk di meja sebelah tidak mendengar.

4. museum gajah
di jakarta ada 63 museum. belum ada setengahnya yang aku datangi. mengenang masa lalu memang kadang tak menyenangkan. namun melihat benda-benda warisan peninggalan sejarah bisa membahagiakan. kalau moodnya pas, bisa jadi membangkitkan semangat untuk bisa membuat sesuatu yang lebih hebat dari masa lalu. sayang nyaris semua museum di jakarta pengelolaanya seadanya.

andai museum-museum itu membuat program-program seperti yang dilakukan di mal-mal jakarta yang tiap bulan berubah, pasti banyak yang akan suka ke sana. pengen suatu saat ke museum-museum itu, terutama yang ada di pulau onrust

5. bu gendut blok m

ini adalah warung kaki lima yang lokasinya berada di pojokan barat daya blok m square. menu yang disajikan sangat eksotis (atau ndeso) (?) dan semuanya menggoda. tiap malam tempat bu gendut yang paling ramai, meski kompetitornya berderet-deret sampai panjang. nama tempat makan ini memang mewakili si pemiliknya. tempat ini menjadi tempat alternatif pindah tongkrongan, ketika malam-malam kelaparan sementara warung-warung formal sudah tutup jam 10 malam. atau tempat menunggu ketika malam terasa masih terlalu pagi untuk pulang.

orang-orang yang datang kesini sangat beragam, unik-unik namun tak pernah ada yang lucu. namun selalu ada pengamen, “pesinde” yang menembangkan lagu-lagu jawa yang diiringi siter (alat musik mirip gitar). sayang harganya memang lebih mahal. tapi tidak apa-apa, sebanding dengan pengalaman yang di rasakan.

dimana saja tempat di kotamu yang paling menyenangkan?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*