avatar penyampai pesan

a327303fb1132ad61cb00decf09ef1bf_avatar-budha

saya mungkin orang paling labil kalau yang dipakai indikator adalah pergantian avatar di twitter atau display di blackberry. karena saya selalu mengganti avatar atau dp ketika “menemukan” gambar unik. atau menyesuaikan dengan event atau peristiwa terkini yang sedang terjadi. misalnya hari libur nasional atau ulang tahun tokoh.

menurut orang-orang marketing atau para ahli di bidang komunikasi strategis atau socmed strategis (atau istilah lain) sering-sering mengganti profile picture tidak di sarankan. karena, selain susah dikenali (lagi) juga memberikan persepsi yang berubah-ubah. saya memahami, namun agak tidak peduli. (mungkin karena ini jumlah follower di twitter gak nambah-nambah?)

terakhhir saya mengganti avatar saya dengan gambar rahib yang membelakangi lensa. nampak laki-laki itu mempunyai tato di punggungnya. dengan avatar seperti itu, teman-teman memaknainya berbeda-beda. mereka menyampaikan makna itu via dm (direct message) dan di bbm (blackberry message)

beberapa diantaranya sudah aku duga. mereka menganggapku orang yang tidak punya keyakinan jelas. dan saya kira wajar saja, karena selain memasang avatar gambar rahib, kadang-kadang juga menggantinya dengan gambar masjid, pohon natal atau simbol-simbol keyakinan lain. beberapa kali saya memperoleh ucapan selamat hari natal, beberapa kali memperoleh dm konfirmasi sebenarnya agamaku apa? 🙂

ada juga yang memuji (atau ini sebuah sindiran) dengan avatar budha yang membelakangi lensa itu, dia memaknainya begini, tatto itu melambangkan sebuah kebebasan, pemberontakan dan kemandirian. sedangkan budha melambangkan kepatuhan. aku yakin aku tidak seperti itu, masih jauh dari patuh. kalau pengen bebas, aku duga semua orang menginginkannya.

yang mengejutkan, ada tweeple yang memaknainya sungguh-sungguh diluar dugaan. sebut saja akunnya @namaakundia. menurut dia, avatar itu sangat erotis. karena laki-laki rahub itu memandang orang didepannya (yang juga laki-laki) secara khusuk. @namaakundia memaknainya sebaga simbol hubungan yang romantis.

mungkin memang harus hati-hati untuk memakai avatar, jika tidak ingin dipersepsikan berbeda, sebaiknya memasang avatar porfile foto diri yang lebih indah dari aslinya. segeralah ganti avatar template yang bergambar lingkaran bulat telur, karena menggambarkan akun tersebut tidak serius atau tidak diurus. jangan juga memakai avatar kartun-kartun jepang bisa jadi ada yang akan memaknai sebagai “bot” yang berfungsi untuk menambah-nambahi jumlah follower sebuah brand semata 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*