Sammy: @notaslimboy adalah sebuah kejujuran

sam1ok1

bisa dibayangkan betapa muramnya dunia andai tak ada orang tertawa. kita layak berterima kasih kepada orang-orang disekitar kita yang bisa membuat hari-hari kita lebih lucu. juga kepada para entertainer yang ide-ide lucunya inspiratif dan mencerahkan . salah satunya kepada sammy.

nama lengkapnya sam darma putra ginting. mungkin masih banyak yang kurang akrab dengan nama ini. namun ketika kita menyebut @notaslimboy atau sammy, onliners pasti paham siapa yang dimaksud. ya, dia adalah stand up comedian (comic) yang namanya makin populer.

saat ini selain sebagai comic, ia juga seorang pengusaha it dibidang software development yang salah satu produknya www.mesinpulsa.com. via bbm ia menyebutkan sebagai suami dari seorang isteri dan ayah dua anak sharon 7 thn, dan jordan 4.

sebenarnya, sebelum sammy sampai pada pencapaian ini ia sudah sering melucu. sewaktu zaman ospek di itb dulu, ia sering dijadikan “danlap” untuk bagian yang lucu. saat reformasi ia turun ke jalan, kalau di suruh jadi orator, ya bagian yang lucu juga.

pada januari 2011, waktu me-launching buku kumpulan cerpennya “penggalan kisah negeriku” yang berisi 30 cerita, ia melakukan stand up show. saat itu stand up comedy belum populer seperti sekarang. kegiatan itu berlanjut di kampus, bersama temannya ia mengajak ikutan open mic. acara mereka diupload ke youtube.

kreativitas mereka tidak sia-sia, metro tv meliriknya. sejak itu ia aktif di @standupindo. laki-laki yang suka musik ini menjadi bagian “koordinator relasi standupindo dengan non media.

selain menjadi comic, laki-laki yang mengaku dari dulu suka menentang mainstream ini jg menjadi tim creative untuk program stand up show dan battle of comic di metro tv.

stand up comedi di indonesia memang masih baru. namun genre komedi ini memperoleh respon yang baik di masyarakat. sammy berharap, ini bukan hanya tren sesaat, tapi bisa diterima sebagai genre baru dalam dunia showbiz, dan bukan sekadar dianggap hiburan tapi juga “seni”

ini terbukti, pada 17-18 feb ia bersama agus noor dan butet kertaradjasa, “menghasut” sebuah pentas stand up comedy yang berbalut teater dengan tajuk #koper. acaranya sukses berat dan hak siarnya dibeli oleh metro tv. responnya baik, dan rencananya ada tour antar kota.

melihat show yg dilakukan standupindo di jakarta, bandung, beberapa kota, penjualan tiket tren-nya naik. artinya industrinya merespon …

apa definisi lucu menurut laki-laki yang juga seorang penyair ini? sammy yang rajin ngeblog ini memberikan penjelasan begini,
lucu itu ya bisa buat ketawa .. simpel. stand up comedy adalah comedy yang menawarkan “pendapat” diikuti argumen. argumennya harus lucu. jadi seorang comic, menawarkan pendapat terhadap sebuah isu, itu disebut premise. lalu diolah dengan pengkondisian asumsi (setup) dan diakhiri dengan sebuah letupan yang menimbulkan tawa (punchline)”

“rangkaian set ini bisa diterima oleh penonton, dia akan tertawa. tertawa itu belum tentu setuju, tapi menerima. ia menolak jika dikatakan jadi stand up comedy bukan comedy cerdas, ini comedy untuk pikiran yang terbuka.

meski ada nada sumbang, ia menjadikan semua itu sebagai bahan evaluasi. misalnya comic yang selalu membully atau mengolok-olok gay, ia menjelaskan, soal gay, saya tidak tertarik membahas itu. kalau ada comic lain “gelisah” terhadap masalah gay dan dia sepertinya membully, itu menjadi hak dan tanggung jawab pribadi.

bagi sebagian orang, mungkiia tidak nyaman dengan bentuk tubuh yang tambun. namun tidak dengan laki-laki yang sudah berbadan besar sejak masa bocah ini. sengaja ia menamai akun twitternya @notaslimboy, menurutnya itu adalah sebuah kejujuran. ia mengaku tidak jaim. karena itu nick name khas kaum alay, so what, kita kan perlu fun, termasuk di twitter, kenapa pengen banget kelihatan serius dan smart?

not a slim: karena saya memang tidak slim. boy: karena saya kekanak-kanakan dalam banyak hal :). obsesi masa kecil selalu ada kalau kita jujur. seperti sby bikin album, jangan-jangan itu obsesi masa kecil

laki-laki yang sering membayangkan jadi bintang film ini sebetulnya tidak pernah secara serius masuk ke dunia entertainment. selama ini ia mengaku lebih realistis, untuk mencari nafkah di dunia showbiz itu gamblingnya tinggi.

masa bocahnya ia habiskan di bandung sebagai anak kolong (angkatan darat). ada cerita lucu di sini. sewaktu masih sd ia sempat dibenci teman sekelas karena mendukung psms dibanding persib. pernah suatu hari ia dihukum di sekolah karena telah membuat seorang anak jenderal menangis. padahal bukan dirinya yang salah, tapi karena bapaknya yang cuman peltu (pembantu letnan satu).

dihukum bukan ngeliat yang salah, tapi tergantung pangkat bapak, tidak selalu, tapi dalam kasus saya, saya merasa benar.

pembicaraan terhenti, karena kedua jempol telah pegel-pegel, terlalu banyak menekan-nekan keypad.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*