masyarakat adat, pemilik negeri ini yang sesungguhnya

#barutau apa itu masyarakat adat. begini definisinya yang ditulis di web aman.or.id:

Sekelompok masyarakat yang hidup berdasarkan asal usul leluhur dalam suatu wilayah geografis tertentu, memiliki sistem nilai dan sosial budaya yang khas, berdaulat atas tanah dan kekayaan alamnya serta mengatur dan mengurus keberlanjutan kehidupannya dengan hukum dan kelembagaan adat

beruntung sempat datang ke acara perayaan hari kebangkitan masyarakat adat nusantara (hkman) ke xiii di geothe institute, sabtu, 17 maret 2012. acara ini adalah awal dari rangkaian kongres masyarakat adat nusantara ke-4 yang akan di adakan di tobelo halmahera utara 19-25 april 2012.

AMAN (aliansi masyarakat adat nusantara) dalam menyambut ari jadinya yang ke-17 bersatu memperkuat diri menentang praktek-praktek penindasan terhadap hak-hak masyarakat adat. sampai tahun lalu telah terjadi 530 konflik sumber daya alam hutan, tanah dan laut yang meilbatkan wilayah adat di seluruh indonesia.

AMAN yang punya akun twitter @RumahAMAN ini adalah satu-satunya organisasi yang berbasiskan komunitas adat yang mempunyai member sebanyak 1696 komunitas. ya komunitas.

menurut media kit yang dibagikan di acara, wilayah adat yang diatasnya mengandung sumber daya alam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat adat. untuk menjaga dan mempertahankan wilayah adat ini, mereka mengalami tantangan yang berat.

selama 4 dasawarsa kebijakan dan hukum yang dikeluarkan menyebabkan terjadinya praktek perampasan, penghancuran dan penghilangan atas wilayah adat. salah satunya hutan mereka diserobot diganti dengan perkebunan-perkebunan sawit.

di acara yang dihadiri oleh para tetua adat di seluruh indonesia itu juga menampilkan pameran foto, pemutaran film (hutanku meratap, yg karena alasan teknik gagal diputar), dan jamuan kuliner nusantara secara gratis.

seru. banyak pagelaran seni: tari o’haya dari tobelo, ruwatan bumi oleh wangi indriya, tari dari kalimantan dan sumatera dan banyak lagi.

glenn fredly datang ke acara HKMAN ini sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat adat yang ada di seluruh nusantara. mereka, masyarakat adat tersebut adalah penjaga sejati hutan di indonesia. Only when the last tree has died and the last river been poisoned
and the last fish been caught will we realise we cannot eat money ~ Cree Indian Proverb

hutan begitu penting, tapi kenapa banyak orang lebih suka merusaknya? selamat berkongres masyarakat adat se nusantara di tobelo. semoga tujuan mewujudkan masyarakat adat yang berdaulat mandiri dan bermartabat segera terwujud!

hotuuuuuuu
yeeeeeeee

Ket: foto diambil dari akun @RumahAman,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*