belitung, pulau impian para petualang


pulau lengkuas tampak dari ketinggian 90 m

pulau ini makin populer karena efek kesuksesan film laskar pelangi. masyarakatnya sangat mengakui ini, buktinya di bandara tanjung pandan dipajang standing banner selamat datang di bumi laskar pelangi dengan tipografi yang sama persis dengan cover novel dengan judul yang sama.

via udara perlu waktu 50 menit menuju pulau yang oleh masyarakatnya disebut belitong ini dari jakarta. dari ketinggian tampak banyak lubang-lubang bekas galian timah yang sekarang mulai habis. mengerikan, namun cukup unik, karena lubang-lubang itu mencipta danau-danau kecil yang warnanya hijau, biru dan keruh.

selebihnya hutan perawan dan perkebunan sawit yang rapi.

2-berangkat

kami mendarat di bandara has hanandjoeddin, tanjung pandan yang dikepung hutan. bersama sebelas teman, kami serasa mirip di sebuah adegan film, pesawat di bajak teroris dan mendarat darurat di tengah hutan. suhu udara terasa lebih panas dari jakarta.

rumah masyarakat belitong kebanyakan beratap seng, karena genting masih “diimpor” dari jawa. begitu juga bahan makanan seperti beras dan sayur-sayuran yang hanya bisa hidup di daerah sejuk. kata guidenya, di pulau ini, semuanya murah, kecuali makanan. di piulauini tidak ada angkot lagi, bangkrut karena tergantikan oleh motor.

hari pertama kami menuju ke pantai tanjung kelayang, tempat syuting film laskar pelangi. pantai ini sangat unik, berpasir putih dan disekitarnya bertebaran batu-batu granit sebesar mal dan gedung-gedung pencakar langit. pantai ini juga lebih terkenal dengan sebutan pantai laskar pelangi. ada prasasti yang didirikan di pintu masuknya.

1-diatasbatu

kami tiba disana hari jumat 13 jan siang, belum banyak pengunjung yang datang. sehingga masih bisa bermain-main di ke puncak bebatuan raksasa dengan aman. namun harus hati-hati karena risiko terpelest sangat tinggi.

tujuan selanjutnya ke pantai tanjung pendam. masih mirip dengan tanjung kelayang hanya saja bebatuan raksasa lebih sedikit. pantainya sama, berpasir putih, lembut dengan air sebening kristal. indah!

untuk menikmati sunset, kami ke pantai bukit berahu (perahu). di sini terdapat resort-resort yang menghadap laut untuk menikmati moment tenggelamnya matahari. sayang hari itu langit mendung, kita tidak memperoleh moment yang sempurna.

4-batupulau

hari kedua kami bermain air. tujuan kali ini adalah ke pulau kempayang, atau pulau babi, pulau lengkuas dan pulau burong. selain pulau-pulau tersebut di sekitarnya berserak pulau-pulau kecil yang juga tak berpenghuni.

konon pulau ini sering dipakai sebagai lokasi pemotretan (khusus dewasa). kita bisa menginap di pulau-pulau itu dengan tenda jika mau. disini terdapat beberapa spot yang pas untuk snorkeling, namun karang lautnya tak seindah gili trawangan.

putihnya pasir pantai dan air lautnya yang biru membuat semua pengunjung betah berlama-lama di sini. selain masih alami juga masih sepi. di pulau-pulau itu aliran listrik belum ada. namun sinyal xl sangat kenceng.

belitong adalah pulau impian bagi para petualang. alamnya sangat elok, namun perlu ekstra energi untuk menikmatinya. mumpung masih ada waktu, agendakan untuk pergi ke sana.

selain itu kulinernya juga tak kalah mantapnya. makan siangnya kami disuguhi gangan, sup ikan yang ditambahkan nanas, tanpa santan. rasanya manis, asem dan enak, tanpa eneg. kuliner lain adalah mie atep, baso ikan, rusip, sambal lingkung dan makanan laut lainnya.

kemana-mana kami diantar pak tata dari belitungtravel.com. minat kesana, hub di 085664633218, 085268454036 atau email tata_belitung@yahoo.com atau pin bb nya 27aef5bb.

selama 3 hari dua malam di belitong hanya habis 2,2 juta rupiah saja. sudah termasuk tiket pesawat pp, sewa mobil dan perahu, hotel dan makan. bisa lebih murah kalau mau backpackeran dengan tinggal di rumah penduduk.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*