akademi berbagi adakan local leadership day untuk membangun harapan

yuswo

a leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way” ~ john c. maxwell

untuk meningkatkan skill kepemimpinan para volunteer akademi berbagi di kotanya masing-masing, akber mengadakan local leadership day. tujuan event ini pada akhirnya adalah untuk menyebarkan optimisme dan membangun harapan bahwa setiap orang bisa belajar di mana saja dengan siapa saja dan tidak harus mahal.

seperti kata maxwell, para volunteer (kepala sekolah) yang mengikuti event ini diharapkan mampu mengelola akademi berbagi di kotanya masing-masing lebih profesional. sehingga kegiatan akademi berbagi yang berupa kelas-kelas pendek seminggu sekali bisa terus berlanjut.

disamping itu, para volunteer juga bisa membuat strategi planning apa yang akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan kotanya masing-masing. karena setiap kota membutuhkan penangangan yang berbeda, dan hanya mereka yang berada di tengah-tengah masyaakat yang mengetahuinya.

saat ini akademi berbagi telah berada di 22 kota di seluruh indonesia. mulai dari bandung, jakarta, jogja, semarang, solo, madiun, malang, surabaya, madura, bali, ende, balikpapan, samarinda, gorontalo, makassar, ambon, medan, jambi, palembang, dan lainnya. setiap kota dikoordinir oleh satu kepala sekolah.

khusus di jakarta, akademi berbagi mengadakan kelas reguler seminggu sekali. selain itu ada juga kelas-kelas intensif. berbeda dengan kelas reguler, kelas ini sesuai namanya mempelajari suatu skill tertentu secara lebih mendalam. dengan peserta yang sangat terbatas dan berlangsung beberapa kali pertemuan.

kelas intensif yang berlangsung sekarang ini adalah kelas public speaking oleh prabu revolusi.

event local leadership: Share knowledge build the HOPE yang diadakan pertama kalinya ini akan berlangsung dua hari, 17-19 februari 2012. bertempat di cico konservasi resort, bogor. acara ini terbatas, untuk semua volunteer dari berbagi kota di indonesia yang jumlahnya seratusan.

untuk pembekalan para volunteer itu para guru yang akan sharing diantaranya adalah roby muhamad, glenn marsalim, didi nugrahadi, prabu revolusi, pidi baiq, aidil akbar, anto motul, larastita dan lainnya.

perkembangan gerakan social ini cukup memperoleh respon yang baik di masyarakat. dengan konsep berbagi bikin happy, akademi berbagi dengan cepat menyebar. keberadaan akademi berbagi juga bisa dilihat dari beberapa award yang telah di capainya.

beberapa diantaranya: the most inspiring aksi klik hati 2011, digital community leader bubu award 2011, editor choice 2011 majalah rolling stone, 100 youth women netizen 2011 marketeers. namun bukan award itu tujuan akademi berbagi didirikan oleh ainun chomsun. tetapi lebih kepada penyebaran inspirasi untuk berbagi ke seluruh negeri, khususnya di bidang pendidikan. karena hanya dengan pendidikan kita bisa punya harapan bisa lebih berdaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*