komunitas, mau kemana?

event on|off atau pesta blogger sabtu, 3 desember 2011 di epicentrum kuningan jakarta selatan sepertinya menjadi anti klimaks dari event-event komunitas tahun ini. jumlah pesertanya yang datang nyaris berkurang 75 persen dari tahun lalu. dan dot semarang adalah komunitas luar jakarta yang hadir,

kesepian pesta blogger versi baru itu (mungkin) disebabkan oleh banyaknya event komunitas yang sebelumnya ada. festival social media, blogger nusantara, asean blogger dan byar pet misalnya. fakta ini membuktikan, selama ini onliner yang aktif di komunitas hanya itu-itu saja.

meskipun tak bisa dipungkiri, isu-isu lain yang menyebar di social media juga menggerogoti keberadaan penyelenggara on|off . lebih dari itu yang menjadi masalah kenapa nyaris tidak ada komunitas baru yang datang ke event itu, sementara pertumbuhan pengguna internet konon cukup tinggi?

dari beberapa kabar yang tidak bisa dikonfirmasi, setiap event selalu menimbulkan pro dan kontra. nyinyir demi nyinyir selalu menyertai kapan dan apapun bentuk event komunitas. mengkritisi pastinya harus. karena kritik bisa dijadikan masukan untuk event tahun berikutnya atau event lain.

namun rupanya hal itu tidak mudah. perbedaan pandangan dan pendapat terlalu jauh jaraknya sehingga sangat sulit membangun jembatan diantaranya. onliner memang tak bisa disatukan, tapi bukan berarti tidak bisa bekerja sama untuk tujuan yang lebih besar bukan?

besar itu maksudnya bermanfaat bagi masyarakat. duh klisenya….

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*