rahung nasution: tato itu politik

pertama kali melihat avatarnya di twitter, saya agak ragu tato yang ada di wajahnya itu asli. namun belakangan baru yakin setelah mengenal twit-twitnya lebih lama. namanya rahung nasution, seorang videomaker dan sangat mencintai tato.

laki-laki yang menyukai sitor sitomorang dan chairil anwar ini mulai mencintai tao sejak masa smu. waktu itu usianya masih 16 tahun. ia merasa dengan mempunyai tato dan mendengarkan musik-musik keras ia merasa lebih keren dari yang lainnya.

melihat rahung bertato, ibunya hanya geleng-geleng kepala. kedua orang tuanya menerimanya. sejak itu ia makin mendalami tato. rahung yang mempunyai akun twitter @rahung ini sekarang telah menyelesaikan film dokumenternya mentawai tattoo revival.

film dokumenter yang sudah screening di jakarta, bandung dan beberapa kota lain ini adalah sebuah pernyataan bahwa komunitas orang mentawai mempunyai kearifan dengan hidup dalam keharmonisan dengan kekayaaan alamnya selama ribuan tahun. Dalam waktu dekat akan di putar juga di jogja.

saat membuat film ini laki-laki yang mengaku masa bocahnya bandel karena sering kabur dari rumah ini harus menempuh perjalanan petualangan. Lokasi pembuatan film ini adalah matotonan, sakuddei, sagulubbek pulau siberut mentawai.

selain sebagai video maker, ia juga terlibat sebagai volunteer di @RumahAMAN. via bbm (black berry mesanger) ia menuliskan, salah satu kegiatan @RumahAMAN adalah memperjuangkan kedaulatan dan kemandirian masyarakat adat untuk mengelola dan memfaatkan sumber daya alamnya, serta memajukan kebudayaannya.

kenapa ia begitu peduli dengan keberadaan suku-suku di seluruh indonesia? ia dengan ekspresif dan garang menjelaskan, begini, karena masyarakat adatlah yang paling dirugikan dari proses pembangunan. mereka kehilangan tanah-tanah ulayat, kedaulatan dan juga peminggiran tradisi dan budaya mereka.

ia menambahkan, harusnya pemerintah dimusnahkan saja. saya gak percaya pembangunan. yang ada di negeri ini sentralisasi, pemusatan dan perampasan katanya diakhiri dengan ikon senyum. rahung yang dulu pernah bercita-cita jadi tentara ini pernah membuat hashtag (tagar: tanda pagar) #rahungforpresident di twitter.

seserius apa persiapannya?

setiap warga negara punya hak yang sama untuk menjadi seorang pejabat, atau bahkan presiden sekalipun. itu serius kan :) masalahnya, anda dipilih atau tidak. dan kalau para pejabat serius berpolitik untuk mengkorup kekuasaan, kenapa kita tidak boleh main-main dengan berpolitik sambil melecehkan perilaku busuk mereka?

laki-laki yang menato wajah, kepala dan nyaris seluruh tubuhnya ini sangat aktif di twitter. beberapa tagar yang pernah ia ciptakan dan sangat populer adalah #kotakhitam. menurutnya kotak hitam itu adalah nama production house yang mereka kelola. namun di twitter, ia mengubahnya menjadi semacam kotak penampung kenangan.

ia memaknai tato sebagai pernyataan politik. dengan menato wajah, artinya aku berkuasa penuh atas tubuhku dan aku menyukai tato. ia tidak mengambil motif tato wajahnya dari mentawai yang hanya berupa garis lengkung dari bawah kuping ke dagu. namun ia lebih memilih mengambil motif dari suku koita di papua.

rahung yang faham betul mengenai tato bercerita, setiap tato tradisi, ada maknanya atau bahkan setiap tato bagi yg membuatnya pasti ada sesuatu maknanya. kalau nggak ada maknanya, buat apa dirajahkan ditubuh? :)

tato bagi suku koita merupakan ritus hidup, begitu juga buat suku dayak, mentawai dan suku2 di pasifik. menato tubuh merupakan satu bentuk inisiasi ketika seseorang mulai memasuki usia dewasa. setiap garis yg ditorehkan atau setiap motif yg terdapat dalam rajah mereka ada hubungannya dengan riwayat suku mereka, kepercayaan leluhur mereka, serta simbol-simbol pemujuaan pada alam semesta.

laki-laki yang suka memasak ini mendokumentasikan kegiatannya seputar kuliner di http://cokilicious.tumblr.com/. saat ini ia juga sedang terlibat dalam kampanya #occupyjakarta. menurutnya #occupyjakarta itu bukan idenya, ide itu sudah mengglobal dan sekarang ada anak-anak muda yang muak dengan system dimana 1 % manusia mendominasi finansial dan sumber-sumber daya alam untuk keserahakan mereka.

sampai sekarang ia belum memutuskan siapa yang menjadi tokoh favoritnya. kalau negarawan dan politikus, saya gak punya. cita-citanya hanya ingin membuat video dokumenter yang akan ditonton orang, jatuh cinta dan ingin keliling indonesia. ia berharap kesampaian untuk tinggal di barcelona. saya muak dengan negara ini. hahahahaha.

entah kenapa ya. mungkin dari beberapa film, bacaan, nampaknya barcelona itu seksi. oh ya, juga karena orang-orang katalan yg ingin merdeka dari spanyol. dulu, di jaman franco, katalan itu salah satu basis kaum anarkis yang menentang kediktatoran franco.

berbincang dengannya tak akan pernah membosankan. untuk awalnya mungkin harus ekstra hati-hati. karena ketika pertama kali menyapa dengan memanggil mas, ia sigap menjawab, sejak kapan aku menjadi isteri kakakmu? benar juga, saya mengiyakan dalam hati dan mulai memikirkan strategi untuk memecahkan kebekuan ini. ketika belum menemukan ide, ia lebih dulu membalas bbm, becanda bro dengan ikon senyum.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*