dua cara menjadi kaya

salah satu indikator kesuksesan seseorang adalah kaya raya. tak bisa dipungkiri, semua orang menginginkannya. topik ini sepanjang masa tak pernah basi dibincangkan di medium apapun. sehingga cara-cara paling efisien untuk mencapainya pun terus dicari.

sepengamatan saya, ada dua cara yang sekarang sedang populer. memakai otak kanan dan otak kiri. cara menjadi kaya dengan otak kanan ditawarkan oleh ippho santosa dengan bukunya yang diklaim sebagai mega best seller : 7 Keajaiban Rezeki. menurutnya cara cepat menjadi kaya intinya adalah dengan bersedekah.

penjelasannya tentu tidak berdasarkan hitungan-hitungan. namun memakai ayat dan keyakinan. tentu saja juga dengan usaha. namun penekanannya pada sedekah sebanyak-banyaknya. bersyukurlah kamu maka Tuhan akan menambah nikmatnya, kira-kira seperti itu. sangat religius!

cara menjadi kaya dengan otak kiri ditawarkan oleh para perencana keuangan. para ahli ini menawarkan bagaimana cara mencapai rencana-rencana kita 5, 10 atau 15 tahun dengan strategi tertentu. misalnya bagaimana menyiapkan pendidikan anak, membeli rumah, membeli mobil, tamasya dan seterusnya.

seperti kutipan seorang perencana terkenal di sebuah tabloid, “tidak mempunyai rumah atau mobil, akan dibawa kemana hidup yang seperti itu?” tidak ada yang salah. karena hidup dengan fasilitas yang berkecukupan kemungkinan lebih membahagiakan.

intinya kita diajak memanaj keuangan kita, sehingga pengeluaran bisa dikontrol. dan kita bisa konsisten untuk melakukan investasi. mungkin sudah waktunya sekarang kita mengubah mindset kita tentang menabung. bagi orang awam, menabung itu kebiasaan baik. namun bagi perencana keuangan, menabung adalah pembodohan terstruktur.

karena nilai uang yang kita tabung tak akan bertambah. sekarang ada banyak cara yang lebih menguntungkan daripada menabung atau menyimpan uang dalam deposito. detailnya bisa belajar dengan para perencana keuangan yang sekarang mulai populer.

menurut kalian, mana yang lebih cocok atau yang anda yakini lebih keren dua cara menjadi kaya tersebut? memberi atau menabung? atau menggabungkan keduanya? silakan di share di bawah, terimakasih 🙂

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*