social movement untuk indonesia lebih baik

1-bdi-bukax

saat ini begitu banyak social movement yang bersemangat mengubah keadaan menjadi lebih baik. ini tampak pada jumlah peserta yang hadir pada festival social media di @amerika sabtu (21/05). sebanyak 33 komunitas dari berbagai bidang hadir pada acara yang digelar oleh rotaract semanggi itu.

acara yang dimulai pukul 14:00 wib itu menghadirkan banyak pembicara, mulai dari Michael jones, pendiri google maps, roby muhamad dari @AkonLabs, safiq pontoh dari @jktberkebun, pandji dari indonesia unite dll.

roby muhamad menjelaskan pentingnya story teller dalam membangun social movement. karena kunci sukses social movement adalah story telling. ini telah dibuktikan dengan kemenangan obama dalam pemilihan presiden amerika.

setiap volunteer menceritakan dirinya sendiri yang bisa juga dialami atau menjadi masalah orang banyak. sehingga mereka merasa familiar dan tersentuh dengan apa yang sedang diceritakan. story teller yang bagus akan sanggup membuat user yang bergerak melakukan hal yang sama.

contoh story telling paling tua adalah agama. menurut @robymuhamad di dalam agama selalu ada karakter tokoh-tokoh. misalnya nabi musa yang harus menyebarang laut merah karena dikejar oleh hantu firaun.

social movement yang selalu ingin melakukan perubahan pasti akan memperoleh tantangan masyarakat. konsekuensinya kemungkinan besar akan mati. sehingga ada beberapa orang yang takut. namun ada satu cara untuk mengatasi hal itu yakni memberikan harapan baik.

social media semacam blog, twitter, facebook sangat berperan dalam pengembangan social movement. namun semua itu hanya alat. roby mengibaratkan, jika social movement itu adalah membangun rumah, maka social media adalah paku, palu, gergajinya.

intinya harus ada social angel yang turun ke lapangan untuk melakukan kegiatan. tanpa turun ke lapangan, social movement hanyalah sebuah utopia.

contoh lain story telling adalah apa yang dilakukan oleh soekarno, presiden ri tentang sosok orang Indonesia. soekarno membuat sosok marhaen berpeci untuk mewakili orang Indonesia yang mempunyai banyak suku. pada orasi terakhirnya sore itu, roby memberikan pesan, ubahlah apa yang kita punya menjadi apa yang kita perlukan.

tak perlu menunggu pemerintah, kelamaan.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*