cuti bersama yang menuai makian

keputusan pemerintah yang mengumumkan hari senin (16/05) cuti bersama itu sangat membuyarkan semua agenda yang sudah disusun. pengumuman itu seperti tsunami jepang bulan lalu. lebay, sangat tidak. karena keputusan yang diumumkan last minute itu efeknya tak kalah besar. tidak saja dari sisi tenaga waktu dan uang tapi juga emosi, yang tentu saja tidak bisa diukur dengan uang.

saya tak sendiri. nyaris semua orang memaki keputusan itu. di twitter apalagi, beberapa orang berteriak, keputusan itu dianggap bukti bahwa pemerintah tidak pernah punya rencana untuk bangsa yang begitu besar ini. bayangkan untuk membuat keputusan semacam cuti bersama ini saja, tidak becus. apalagi untuk keputusan-keputusan yang lebih besar. kalau sudah begitu, apa yang bisa kita harapkan dari pemerintahan macam itu?

salah satu tweeple mengeluh ia harus menelepon semua koleganya untuk mereschedule jadwal yang sudah diarrange. teman yang lain terpaksa mengabarkan ke seluruh bawahannya untuk menunda acara yang diadakan dengan salah satu teman yang pegawai negeri. berapa biaya untuk komunikasi semua itu?

namun fakta hari ini sungguh menarik. pns libur, bank indonesia tidak. beberapa sekolah ada yang libur sebagian yang lain tidak. pihak swasta kayaknya tidak menggubris keputusan mendadak ini.

ketidak kompakan antar menteri ini menimbulkan beberapa dugaan. salah satu narasumber di televisi menduga, keputusan yang diambil mendadak tanpa koordinasi dengan menteri lain ini hanya menunjukkan bahwa keputusan yang diambil hanya berdasar pada kepentingan-kepentingan subjektif saja.

nara sumber lain mengatakan, “cuti bersama itu melanggar ham, karena hak cuti kita dipotong paksa meskipun kita tak menginginkan. “kalau saya presiden, saya panggil 3 menteri, hei kenapa kalian bikin keputusan dungu, ini kan menyulitkan saya, “kata nara sumber di televisi bersemangat.

ketika pernyataan itu aku posting, keluarlah jawaban dari tweeple, “menteri menjawab:yang milih saya sapa? :). tweeple yang lain tak kalah garang. @yhanuar : Tp kalo alesannya drpd pd bolos,harusnya sih bkn malah dikasih cuti.harusnya dihukum seberat2nya.jgn malah akomodir kebiasaan buruk:p

bagaimana kalian? 🙂

foto diambil dari: http://foto.vivanews.com/read/1211/25142-pelantikan_menteri_kabinet_indonesia_bersatu_ii

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*