@TheHermes rilis empat elemen untuk korban merapi

social media memang ajaib, bisa menghubungkan orang dimana dan kapan saja. dari medium baru ini banyak sekali kegiatan positif lahir. contoh konkret ketika terjadi bencana seperti gempa padang, tsunami mentawai atau gunung merapi erupsi, social media seperti twitter sangat berperan menggerakkan orang-orang untuk berbagi meringankan beban para korban.

dan the hermesian, yang anggotanya para penulis kreatif dan musisi tak luput ambil bagian. sesuai dengan kebisaannya yang mereka miliki mereka membuat antologi prosa dan puisi “empat elemen”. buku yang berisi cerpen dari tiga puluh kontributor ini seluruh royalti penjualannya akan disumbangkan untuk para korban merapi jogja.

the hermesian and friends, pada sabtu 26 maret akan melaunching antologi prosa dan puisi pertama “empat elemen. bertempat di times bookstore pejaten village, launching tersebut akan dihadiri oleh para the hermesian, membernya. the hermes lahir juga dari sosial media: facebook.

ceritanya waktu itu @captainugros sering membuat “note” di facebooknya. rupanya banyak orang tertarik dengan note yang menceritakan tentang cinta tersebut dan memberikan komentar. makin lama komunikasi makin akrab dan mereka sepakat membentuk the hermes.

berjalannya waktu, the hermes berevolusi menjadi sebuah klub pencipta seni yang terdiri dari penulis-penulis dan musisi muda berbasis di jakarta. saat ini the hermesian terdiri dari 23 penulis dan 4 personel musisi. kegiatan the hermesian sekarang ini secara rutin mengeluarkan E-Magz gratisan setiap 2 bulan. isinya adalah kompilasi cerpen-cerpen para membernya.

sesuai yang diterakan di webnya, “kami ingin berbagi kisah, kisah yang merupakan kumpulan rasa dan itulah juga yang kami ingin bagikan kepada seluruh pembaca, RASA”. harapan, hermesian turut meramaikan dunia literatur indonesia dan memberikan pilihan bacaan dan hiburan yang berbeda. selain itu mereka berharap dapat memacu sahabat-sahabt hermes untuk berani memulai berkarya.

menurut chikco handoyo, salah satu member yang memberi kontribusi “empat elemen” dengan cerpennya jiwa ezra via ym menuliskan, ia bergabung ke hermesian karena merasa menemukan teman-teman yang sehati. yakni mereka rata-rata menyukai dunia kepenulisan dan berimajinasi, klaimnya.

membantu korban merapi ini adalah program kedua hermesian. pada waktu bencana gempa padang tahun lalu, hermesian juga ikut menyumbang berupa uang tunai, hasil dari penjualan ebook cerita. waktu itu setiap ebook dijual minimal seharga rp 15 ribu rupiah. program ini cukup sukses.

laki-laki yang ngefans dengan ricky martin ini, cukup menikmati program kegiatan sosial ini. ia menganggap bencana itu adalah peringatan dari tuhan. manusia hanyalah makhluk yang tak berdaya di hadapan-Nya”, terangnya. chicko yang id-twitternya @gembrit ini mengajak onliner untuk turut berperan dalam program sosial ini. caranya dengan membeli buku “empat elemen. selain di toko buku tertentu, buku empat elemen bisa dipesan via @TheHermes.

*foto : chikco handoyo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*