ingin siaran online, dengerinradio.com aja

logo-dengerin

internet telah merevolusi cara orang memperoleh informasi. bentuk informasi dari medium kertas, suara dan video yang dulunya terpisah-pisah kini bisa diakses sekaligus via web. lantas apakah koran, radio, tv akan habis? tidak.

sampai pada era internet sekarang ini, radio tetap saja eksis. hanya saja formatnya yang berubah total. salah satu radio yang cukup eksis di internet itu adalah dengerinradio.com. menurut reza gardino, pendirinya, tujuan awal membuat radio ini untuk mengisi kesepian para karyawan yang database lagu di hardisknya terbatas. dengan beberapa teman, reza menyatukan semua koleksi lagunya ke dalam satu web. sejak itu munculah radio online ini.

terbatasnya resource dan waktu, dengerin radio kewalahan mencari penyiar. lalu mereka mengubah konsepnya menjadi radio komunitas. sehingga seluruh aktivitas dengerinradio dilakukan oleh user. sementara reza menjadi admin atau moderator. ide ini cukup menarik karena bisa membangun keterikatan dengerinradio dengan para pendengarnya.

berbeda dengan radio konvensional yang memerlukan studio untuk siaran, radio online ini bisa siaran di mana saja. apalagi dengerinradio yang melibatkan pendengarnya untuk menjadi penyiar di tempat masing-masing. dengan konsep yang 2.0 ini (user generated content) lalu lintas informasi sepenuhnya tergantung pada user.

baru enam bulan live dengerinradio telah memperoleh respon publik yang bagus. setiap siaran minimal ada 400 orang user yang setia mendengarkan. dan ke depan semakin bervariasinya content yang disediakan, bukan tidak mungkin akan menjadi radio internet yang paling ngehits.

kendala terbesar adalah pada infrastruktur internet di indonesia yang kurang stabil. namun reza dan kawan-kawannya menyiasatinya dengan memakai bitrate yang tidak terlalu tinggi, hanya 24 Kb/s. meskipun kualitas suaranya tidak sejernih Mp3, namun bagi pendengar masih bisa menikmatinya tanpa gangguan putus-putus.

selain itu saat ini server masih di host di luar negeri, sehingga biaya yang dibutuhkan cukup tinggi. namun reza dan kawan-kawan tidak menyerah. dengerinradio tetap eksis dengan program-programnya yang inspiratif. tidak hanya memutar lagu namun juga live talk dan ada sebuah lembaga kursus yang mengadakan pelajaran bahasa inggris. dan yang sedang dikembangkan adalah channel jazz, ada channel pop, channel talkshow, dan lain-lain. radio ini “on air” 24 jam.

sayang reza agak kesulitan menemukan orang yang mau siaran. Alasannya selalu sama, suara gak bagus, gak pede, dan gak yang lainnya. Makanya kita harus lebih banyak mencari orang-orang yang super pede untuk ikut siaran.Dan yang pasti konsep bahwa siaran harus sempurna, harus sangat keren itu yang musti kita lunturkan perlahan. dan kita harus lebih mendorong konsep bahwa SEMUA BISA siaran!

harapan idealnya reza dan tim adalah menjadikan dengerinradio.com sebagai media alternatif baru, yang konsepnya dari kita untuk kita. Jadi apa yang rame, apa yang seru bukan segelintir orang yang menentukan tapi mereka-mereka yang aktif ditimeline dan juga yang siaran dan mendengarkan siaran.

selain dengerin radio, beberapa radio online lainnya adalah kentang radio, radio teflon dan radio hujan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*