@akademiberbagi dari 140 karakter untuk indonesia

“berbagi bikin happy” mottonya. gerakan sosial ini muncul dari twitter. program akademi berbagi adalah bagi-bagi ilmu secara gratis ke semua orang. saat ini selain di jakarta, akademi berbagi juga telah merambah bandung, jogjakarta, semarang, dan ambon. di twitter, follower @akademiberbagi telah mencapai 2604.

akademi berbagi muncul pada bulan juni 2010. saat itu, subiakto priosoedarsono (@subiakto), praktisi periklanan indonesia berniat sharing tentang seluk beluk periklanan di twitter. lalu @pasarsapi mengusulkan bagaimana jika kuliah itu dibawa ke ruang kelas. keduanya sepakat, jumat pertama dibukalah kelas gratis tentang copywriting.

pengumuman hanya dilakukan via twitter, namun peserta membludak. terpaksa @akademiberbagi membuat waiting list. kelas pertama yang bertempat di kantor hotline advertising, sukses. sejak itu akademi berbagi mengagendakan kelas-kelas selanjutnya. problemnya, akademi berbagi tidak memiliki ruang untuk sharing, juga adakah pakar-pakar yang mau sharing full free?

gratis. ya gratis dalam arti leksikal, arti menurut kamus, yang sebenar-benarnya. tidak ada honor bicara, tidak ada uang saku, maupun uang bensin. begitu juga ruangan yang dipakai tidak menyewa. para volunteer yang mengkoordinir terselenggaranya kelas-kelas di akademi berbagi juga bekerja sukarela.

ternyata respon orang-orang sangat antusias. para pemilik ruangan beramai-ramai menyediakan tempat. begitu juga para guru atau para pakar yang berminat untuk sharing di akademi berbagi. namun sayang, beberapa guru terpaksa ditolak karena materi yang hendak dishare tidak sesuai dengan segmentasi akademi berbagi.

bukan karena materinya jelek atau tidak bermutu, namun hanya kurang pas saja. akademi berbagi sengaja memilih program-program aplikatif yang langsung bisa diterapkan untuk mendukung karir para peserta. beberapa kelas yang pernah diadakan di akademi berbagi diantaranya : kelas copywriting, creative writing, public relations, social media, jurnalisme online, fotografi, public speaking, financial planner, liaison officer, entrepreneurship, dan lainnya.

menurut inisiator akademi berbagi, ainun chomsun (@pasarsapi), banyak sekali permintaan dari berbagai daerah di seluruh indonesia agar akademi berbagi juga mengadakan kelas sharing di sana. sayang sekali untuk sementara semua permintaan tersebut belum bisa dipenuhi. mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, akademi berbagi segera bisa membuat kelas-kelas di daerah-daerah tersebut.

akademi berbagi mengizinkan siapapun untuk mengadakan kelas akademi berbagi di kotanya masing-masing. semakin banyak kelas-kelas yang diadakan oleh akademi berbagi, akan semakin banyak orang yang terinspirasi. tentu saja akan semakin banyak orang cerdas, yang dengan begitu indonesia akan lebih baik.

kegiatan-kegiatan yang diadakan akademi berbagi rupanya dipantau oleh aksi klik hati (@klikhati). menurut klik hati, program akademi berbagi mampu menginspirasi dan mendorong kepedulian bersama agar aksi sosial kemanusiaan berbasis sosial media semakin marak. setelah melalui proses seleksi yang ketat, akademi berbagi terpilih menjadi salah satu dari lima penerima aksi klik hati 2011.

@klikhati adalah program yang diluncurkan PT Merck Tbk., perusahaan farmasi dan kimia dari Jerman, untuk mendukung gerakan sosial berbasis sosial media.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*