@kopdarbudaya amati munculnya budaya baru di social media

kopdarbudaya

sejak adanya twitter, begitu banyak kegiatan-kegiatan yang berawal dari salah satu social media ini. kecepatan penyebaran informasinya adalah salah satu kekuatannya. meski menyediakan space terbatas, hanya 140 karakter, aplikasi ini sangat disuka. sampai sekarang diperkirakan jumlah penggunanya di indonesia telah mencapai 6 juta.

twitter sanggup menghubungkan orang-orang yang seide. dari pergerakan garis waktu itu, muncullah kegiatan-kegiatan inspiratif. beberapa diantaranya adalah obsat, @akademiberbagi, @jktberkebun, @fiksimini dan lainnya dan yang terbaru adalah @kopdarbudaya. setiap komunitas mempunyai kekhasannya masing-masing.

misalnya @akademiberbagi yang kegiatannya mengadakan kelas-kelas pendek gratis dari pakar-pakarnya. kelas-kelas selama ini yang diajarkan: kelas financial planner, pr, iklan, creative writing, marketing, jurnalistik, fotografi dan digital social media. @jktberkebun lebih fokus pada lahan-lahan kosong di jakarta yang akan diubah menjadi kebun-kebun hijau.

yang baru saja launching jumat,18 februari 2011 pukul 20:00 waktu mega kuningan jaksel adalah @kopdarbudaya. @kopdarbudaya yang dikomandoi @ta2surya dan didukung sepenuhnya oleh @mumualoha sangat berbeda dengan kegiatan-kegiatan yang pernah ada. salah satu tanda pembedanya adalah @kopdarbudaya ini memfasilitasi dibukanya ajang diskusi dengan tema-tema “negatif”.

menariknya, @kopdarbudaya ini akan lebih mengkhususkan membahas fenomena munculnya budaya-budaya baru setelah munculnya social media. topik ini menarik, karena perkembangan tekonologi yang sangat cepat ini memaksa semua orang untuk berlari mengikuti atau kalau tidak, ya akan mati!

terutama para imigrant digital. yakni orang-orang yang lahir pada masa sebelum adanya internet. orang-orang inilah yang mempunyai masalah besar dalam menyesuaikan fenomena-fenomena baru karena perkembangan teknologi informasi. mengamati perilaku mereka amat sangatlah menarik. tak sedikit dari mereka mereka gagap, meraba-raba bagaimana menyikapi dan menyesuaikan dengan hal-hal baru itu.

malam itu bertempat di starbucks oak wood mega kuningan, diksusi intim, hangat dan suka-suka itu dihadiri oleh 12 orang. pada pertemuan perdananya ini, yang menjadi pembicara adalah @arian14022 yang mengangkat tema besar sarkasme di twitter.

sayang sekali, masih banyak orang yang belum memahami ironi, sarkasme ataupun becandaan. karena tak bisa menangkap ironi itulah kadang menyebabkan terjadi twitwar. yang efeknya, debat itu tidak selesai di garis waktu namun mau tak mau dibawa sampai ke hati.

format diskusi @kopdarbudaya dengan duduk melingkar sambil menyeruput kopi yang disediakan oleh @SbuxIndoneisa (saya tegaskan, disediakan, jadi full free). diskusi ini rencananya akan diadakan sebulan sekali dengan tema dan tempat yang berbeda.

makin malam diskusi makin memanas. tiap peserta mempunyai pengalaman unik, lucu dan konyol. misalnya gara-gara followernya melenting drastis, ia otomatis merasa menjadi kacang (seleb) yang lupa kulitnya. atau tweeps yang menyimpan seluruh kicauan seseorang karena ngefans.

diskusi selesai pukul 01:00, satu jam setelah @SbuxIndonesia tutup secara resmi.

*foto by @haypeps

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*